(Piala Thomas dan Uber) Simon Menang, 1-0 Untuk Indonesia

(Wuhan, 23/5/2012) Simon Santoso menyumbangkan angka pertama bagi regu Thomas Indonesia setelah menggasak Sho Sasaki dalam dua gim langsung, 22-20, 21-14. Unggul 1-0 diharapkan mampu memompa semangat tim nya untuk mengalahkan Jepang pada babak perempat final Piala Thomas 2012.

“Saya senang bisa menyumbangkan poin pertama, semoga tim Thomas Indonesia bisa menang hari ini” ucap Simon yang meraih medali emas pada SEA Games 2011 lalu.

Pertandingan pertama berlangsung menegangkan, Simon yang awalnya unggul 15-12, justru harus tertinggal saat poin kritis di kedudukan 18-19. Bahkan sempat terjadi deuce saat Sasaki kembali menyamakan kedudukan 20-20. Akhirnya Simon berhasil menguasai keadaan dan mengamankan gim pertama dengan skor tipis 22-20.

Kemenangan di gim pertama tampaknya membuat Simon semakin percaya diri. Terbukti ia mampu menahan laju pemain Jepang rangking enam dunia tersebut dengan skor telak 11-2 pada interval gim kedua. Sempat nyaris terkejar, Simon kali ini belajar pada kesalahan gim pertama. Ia tak ingin lawan kembali mendulang poin terutama di saat-saat kritis. Usahanya pun berhasil, Simon hanya memberikan 14 poin saja pada Sasaki dan menutup gim kedua.

“Pada gim kedua poin saya nyari terkejar karena sempat kendor karena terlalu berhati-hati sementara lawan mempercepat tempo permainan” ujar Simon kepada sejumlah media.

Saat ini tengah bertanding partai kedua antara pasangan ganda putra peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 Markis Kido/Hendra Setiawan melawan Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata. Kedudukan sementara 17-13 bagi keunggulan pasangan Jepang.