Satu Lagi Wakil Indonesia di Final

 

 

Di sektor ganda putra, Indonesia menempatkan satu wakilnya di final Singapore Open Super Series 2011. Pasangan Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan berhasil menghentikan perlawanan pasangan China, Chai Biao/Guo Zhendong dalam pertarungan tiga game 21-19, 24-26, 21-14.

 

Alvent/Hendra menyusul rekan senegaranya di nomor ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang lebih dulu maju ke final setelah mengalahkan pasangan China, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

 

Alvent/Hendra yang memenangkan game pertama, sedikit mengalami kesulitan di game kedua. Mereka sempat unggul hingga 20-16, namun belum berhasil menutup permainan. Keadaan sempat menegangkan saat Chai/Guo menyusul hingga 20-20. Satu lagi kesempatan Alvent/Hendra untuk memenangkan game sekaligus melangkah ke final saat memimpin 22-21, namun lagi-lagi pasangan China berhasil menyamakan kedudukan. Sempat beberapa kali terjadi match point untuk Alvent/Hendra namun mereka banyak melakukan kesalahan sendiri hingga akhirnya game kedua direbut Chai/Guo.

 

“Kita maunya menurunkan bola pelan dulu, supaya mereka angkat bola. Namun sepertinya mereka sudah bisa membaca ini dan malah kita yang lakukan kesalahan,” kata Hendra ketika ditanya mengenai permainan di akhir game kedua tersebut.

 

Namun di game ketiga, yang merupakan game penentuan, Alvent/Hendra melaju tanpa kesulitan berarti. Mereka meninggalkan pasangan China hingga 17-13 dan menutup game ketiga sekaligus memastikan tempat di final. “Kuncinya tadi kita harus serang duluan, dan jangan sampai rally nya panjang,” kata Hendra

 

“Tadi kita juga mengatur tempo, kadang lambat kadang cepat, jadi lawan juga terkecoh,” tambahnya membeberkan kunci kemenangan mereka.

 

Dengan demikian, Alvent/Hendra di final akan bertemu dengan pemenang antara pasangan China, Cai Yun/Fu Haifeng atau Lee Yong Dae/Jung Jae Sung dari Korea.