Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia (BATC) 2024: Kejar Juara Grup, Skuad Putri Indonesia Turunkan Kekuatan Terbaik Lawan Hong Kong

Selangor, 14 Februari 2024

Tim bulutangkis putri Indonesia bakal menurunkan kekuatan terbaik untuk menghadapi Hong Kong pada laga penyisihan grup terakhir Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia (BATC) 2024. Dengan target mengusung posisi juara Grup X, Skuad Garuda siap tampil habis-habisan.

Laga penentuan juara Grup X antara Indonesia dan Hong Kong bakal digelar di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Kamis (15/2) pukul 09.00 waktu setempat. Pada laga sebelumnya, Selasa (13/2), Indonesia menang 5-0 atas Kazakhstan. Hasil serupa juga didapat Hong Kong atas Kazakhstan pada Rabu (14/2) pagi.

“Ini pertandingan penting untuk penentuan jadi juara grup. Kita akan menurunkan kekuatan terbaik dan semua pemain harus tampil habis-habisan. Saya berharap pemain tampil dengan berani dan punya nyali di tengah lapangan,” kata Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI.

Sebagai bagian dari persiapan menghadapi Hong Kong, hari Rabu (14/2) siang, tim putri Skuad Garuda memanfaatkan dengan berlatih. Selama dua jam Putri Kusuma Wardani dkk., mempersiapkan diri dengan optimal di Setia Badminton Academy, Setia Alam, Selangor.

“Saya lihat para pemain hari ini berlatih dengan penuh semangat. Performanya baik semua. Keempat pemain tunggal putri, semuanya siap diturunkan. Melihat hasil latihan ini, saya malah jadi bingung juga untuk memilih siapa yang akan dimainkan besok lawan Hong Kong. Yang pasti, pemain yang dimainkan adalah yang terbaik dan paling siap,” ujar pelatih tunggal putri Indra Widjaja.

Selain Putri KW, kekuatan skuad tunggal putri Merah-Putih juga diperkuat Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Stephanie Widjaja.

“Sebagai ujung tombak tim putri, saya ingin bermain baik dan bisa menang untuk menyumbangkan angka bagi tim. Makanya saya akan tampil penuh semangat, maksimal, dan tidak mau kalahnya itu harus kuat. Sebab, apabila saya bisa menang, ini akan membawa energi positif bagi tim secara keseluruhan,” kata Putri KW.

Suara senada datang dari Ribka Sugiarto. Pemain ganda ini menyebut, melawan Hong Kong, dirinya siap tempur. Bersama Lanny Tria Mayasari, sebagai kapten tim putri, Ribka juga akan tampil habis-habisan.

“Kami siap tampil maksimal. Berbekal kekompakan tim, kami ingin mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Kami akan tampil penuh semangat dan bermain nothing to lose. Semua pemain yang bakal diturunkan juga siap bertanding,” tutur Ribka.

Menurut pelatih ganda putri Prasetyo Restu Basuki, selain Ribka/Lanny, pasangan yang lain, Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari juga siap jika dipercaya berlaga.

“Ketiga pasangan yang kami bawa, semuanya siap tempur. Karena ini pertandingan penentuan, yang kami turunkan adalah ganda yang terbaik,” kata Prasetyo.

Baik Ana maupun Tiwi, sapaan akrab Febriana dan Pratiwi, mengaku siap seandainya dimainkan melawan Hong Kong. Mereka menyebut sudah tidak sabar berlaga. Apalagi, saat menjamu Kazakhstan, mereka disimpan.

“Saya tentu siap tempur. Ini kesempatan pertama turun bermain dan tentu ingin bermain maksimal. Saya juga ingin menyumbangkan angka kemenangan,” ujar Ana.

“Seperti Ana, saya juga akan tampil habis-habisan untuk menyumbangkan angka bagi tim Indonesia,” tegas Tiwi. (*)

Leave a Reply