Berbekal Semangat, Skuad Merah-Putih Bertolak ke Malaysia

Jakarta, 10 Februari 2024

Berbekal semangat dan kekompakan, tim bulutangkis Indonesia bertolak ke Malaysia untuk berjuang pada Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia (BATC) 2024. Ajang bergengsi ini bakal berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia pada 13-18 Februari 2024.

“Sore ini tim bulutangkis Indonesia berangkat ke Malaysia untuk mengikuti ajang beregu putra-putri BATC. Kondisi tim semua juga sehat dan prima. Mereka berangkat dengan mengusung semangat besar dan kekompakan. Kami mohon dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia agar kami bisa tampil optimal,” ujar Rionny Mainaky, manajer tim Indonesia.

Rombongan berkekuatan 8 pemain putra dan 10 pemain putri, ditambah pelatih, manajer tim, dan tim pendukung ini bertolak ke Negeri Jiran dengan menggunakan maskapai Malaysia Airlines MH 0720. Tim meninggalkan Tanah Air dari terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pada Sabtu (10/2) pukul 15.45 WIB.

Untuk bertarung di BATC, Skuad Merah-Putih telah memilih nama-nama pemain. Mereka, pada tim putra, untuk nomor tunggal diperkuat Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, Yohanes Saut Marcellyno, dan Alvi Wijaya Chairullah. Sementara di nomor ganda, diwakili Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Rahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Nantinya Rahmat/Yeremia akan menyusul ke Negeri Jiran usai mengikuti kejuaraan di Sri Lanka.

Sementara di tim putri, pada sektor tunggal dibela Putri Kusuma Wardani, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Stephanie Widjaja. Sedangkan untuk ganda mengandalkan Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari, dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari.

“Kami tentu siap tempur. Berbekal kebersamaan dan kekompakan, kami siap berjuang,” tutur Chico.

“Sebagai ujung tombak tim putri, aku memang merasa ada sedikit tegang, karena di tim sekarang sudah tidak ada Kak Gregoria. Cuma aku pernah merasakan tampil di nomor beregu. Jadi saat turun sebagai pembuka itu memang susah-susah gampang. Aku hanya ingin bemain baik dan memiliki tekad tidak mau kalahnya harus ada di setiap turun bertanding,” ujar Putri KW.

Sementara pemain debutan, Ester Nurumi Tri Wardoyo juga menyatakan siap bertarung dan ingin bermain baik. Dia akan berusaha menyumbang poin setiap diberi kepercayaan saat diturunkan.

“Saya hanya ingin bermain baik. Ini penampilan pertama saya di BATC. Kalau dipercaya tampil, saya akan berusaha bisa menyumbangkan poin untuk tim,” kata Ester.

Sementara pemain ganda, Bagas Maulana juga menyebut dirinya siap untuk tampil di kejuaraan beregu Asia ini. Bersama Muhammad Shohibul Fikri, ganda ini siap jadi andalan untuk menyumbang angka.

“Kami siap tanding dan siap tempur. Targetnya ingin bermain bagus setiap ditampilkan. Kami akan fokus di penyisihan grup dulu,” ucap Bagas.

Pada kejuaraan edisi 2022 yang juga digelar di Selangor, Malaysia, tim putri untuk kali pertama tampil sebagai juara usai di final mengalahkan Korea Selatan 3-1. Sedangkan tim putra, harus puas sebagai runner up setelah kalah 0-3 dari Malaysia yang turun dengan kekuatan terbaiknya.

Dalam kejuaraan nanti, tim putra Skuad Garuda akan bergabung di Grup D bersama Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi. Sementara tim putri tergabung di Grup X bareng Hong Kong dan Kazakhstan. (*)

Leave a Reply