Jelang BWF World Tour Finals 2023: Satu Grup, Fajar/Rian dan Bagas/Fikri Ingin Lolos Bareng

Hangzhou, 11 Desember 2023

Bersamaan dengan acara Gala Dinner yang digelar pada hari Senin (11/12) malam, dilangsungkan juga undian grup BWF World Tour Finals 2023. Delapan terbaik di setiap sektor dibagi menjadi dua grup dimana peringkat satu dan dua di akhir klasemen akan melaju ke babak semifinal.

Di sektor ganda putra, Indonesia yang meloloskan dua wakil yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri harus tergabung bersama di grup B. Selain Fajar/Rian dan Bagas/Fikri, di grup ini juga dihuni Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea) dan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark).

Sementara di grup A bakal dihuni duo ganda China, Liang Wei Keng/Wang Chang dan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik serta Takuro Hoki/Yugo Kobayashi asal Jepang.

“Alhamdulillah bersyukur dulu bisa masuk ke World Tour Finals pertama kali. Kalau dari hasil undian ya memang berat mau di grup manapun. Optimis saja,” tutur Fikri.

“Tegang pastinya ada karena ini pertama kalinya kami bertanding di World Tour Finals tapi kami mau mencoba melakukan yang terbaik,” sambung Bagas.

Baik Bagas/Fikri maupun Fajar/Rian bertekad untuk lolos bersama.

“Ya memang tidak ada pilihan karena semua yang lolos ke sini adalah delapan pemain-pemain yang sangat bagus, sangat baik. Jadi sama saja dan harus siap bertemu siapapun,” kata Fajar.

“Memang ada plus-minusnya ketika kami dan Bagas/Fikri tergabung di grup yang sama tetapi semoga kami bisa menampilkan yang terbaik dan sama-sama lolos ke semifinal,” harap Rian.

Disinggung mengenai pakaian yang digunakan saat Gala Dinner, Fajar/Rian menyampaikan alasan mengenakan pakaian tradisional berupa beskap.

“Kami ingin mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia, itu menjadi alasan kami mengenakan pakaian tradisional ini,” ucap Fajar.

Menjadi unik, ketika Fajar yang berasal dari Jawa Barat memilih untuk mengenakan pakaian tradisional dengan adat Jawa. Sementara, Rian yang lahir di Bantul, memilih adat Sunda. Keduanya mengatakan bahwa ini tidak direncanakan.

“Kami hanya janjian menggunakan beskap, tidak direncanakan untuk seperti gantian budaya. Hanya kebetulan saja jadinya seperti ini,” ujar Rian.

BWF World Tour Finals 2023 akan bergulir pada 13-17 Desember di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China. (*)

Leave a Reply