BWF World Junior Championships 2023: Wakil Skuad Merah-Putih Muda Terus Menjaga Asa

Spokane, Washington, AS, 3 Oktober 2023

Pebulutangkis junior Indonesia terus menjaga asa pada nomor perseorangan kejuaraan BWF World Junior Championships 2023. Para anggota Skuad Merah-Putih muda ini mampu menampilkan performa terbaik untuk melaju ke babak 32 besar.

Pada pertandingan babak 64 besar yang dihelat di Spokane, Washington, AS, Selasa (3/10), wakil Indonesia terus melaju. Tetapi memang ada juga yang harus terhenti langkahnya.

Salah satu harapan Indonesia untuk merebut gelar juara, Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu juga tampil optimal. Pasangan ganda campuran yang ditempatkan sebagai unggulan ketujuh itu menang atas Tadej Jelenc/Ariana Korent (Slovenia), 21-3, 21-7.

“Puji Tuhan hari ini bisa berjalan baik dan menang. Mainnya juga berasa lebih oke. Tetapi nggak tahu juga kalau mendapat lawan yang lebih berat. Tetapi, kami akan mempersiapkan diri dengan baik karena besok lawan pasti lebih berat dan maunya kami langsung gas pol,” kata Felisha.

Rekannya Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai juga melaju ke babak 32 besar. Mereka memetik kemenangan atas wakil Inggris, Robin Harper/Lucy Brierley, 21-17, 21-8. Sayang Bimo Prasetyo/Ziya Syafira Zulfa Putri Abdillah gagal melangkah ke babak berikut setelah dihentikan Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin (China), 9-21,19-21.

Pada tunggal putra, Muhammad Reza Al Fajri lolos ke babak 32 besar. Tiket tersebut didapat setelah dirinya mampu memetik kemenangan dengan menggusur Ben Hammond (Inggris), 21-14, 21-9.

“Tadi masih ada kendala dengan lapangan yang silau. Jadi di gim pertama memang agak ramai pertandingannya. Untuk besok, saya akan main nothing to lose saja karena saya pernah kalah rubber game di Asian Junior Championship di Yogyakarta silam,” kata Reza yang di babak 32 besar akan bersua Ayush Shetty asal India.

Wakil Indonesia yang lain, Prahdiska Bagas Shujiwo membuat kejutan dengan menggusur unggulan kedelapan, Lau Jun Hui Marcus (Singapura), 22-20, 21-14.

Kompatriotnya, Bodhi Ratana Teja Gotama juga terus menjaga asa menuju podium juara setelah menang 21-16, 21-16 atas Ryan Ma (AS). Rekannya, Alwi Farhan pun menjaga harapan dengan menang atas Jie Ying Chan (Australia), 21-10, 21-8.

Di tunggal putri, Mutiara Ayu Puspitasari terus menunjukkan hasil positif. Unggulan keempat ini sukses merebut tiket ke babak ketiga dengan menyingkirkan Lee Hoi Lam Joan (Hong Kong), 21-14, 21-16.

“Sejauh ini saya bermain normal dan tak ada kendala dalam permainan di lapangan. Dari awal saya sudah tidak perlu beradaptasi lagi dengan lapangan karena sudah main di beregu. Dari awal saya sudah jelas mau main apa dan sudah menyusun strateginya,” kata Mutiara.

Kemenangan juga diukir rekannya Thalita Ramadhani Wiryawan yang menang atas wakil Jepang, Mao Asano dengan skor 21-16, 21-12. Ruzana pun maju ke babak 32 besar dengan menundukkan Chia Xin Ying (Singapura), 21-13, 21-16.

“Alhamdulillah bisa menang. Ini menjadi modal bagi saya untuk menghadapi partai berikutnya. Tampil di perseorangan dan beregu itu beda. Di nomor beregu tekanannya begitu kuat. Meski begitu, saya terus berusaha untuk bisa main maksimal di setiap pertandingan ke depan,” aku Ruzana.

Hasil bagus juga dibukukan Chiara Marvella Handoyo. Dia tidak mau kalah untuk maju ke babak 32 dengan memenangi pertandingan babak 64 besar atas Maria Clara Lopes Lima (Brasil), 21-8, 21-4.

Pada ganda putra, Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin melangkah ke babak 32 besar. Unggulan ketujuh ini menang 21-6, 21-10 atas Tadej Jelenc/Vid Koscak (Slovenia).

Sementara Zidane Attauba Efendi/Kleopas Binar Putra Prakoso sayang gagal maju ke babak berikutnya. Lewat perjuangan sengit tiga gim, Zidane/Kleopas kalah 21-19, 13-21, 19-21 dari Bryan Jeremy Goonting/Aaron Tai, unggulan kelima asal Malaysia.

Rekannya, Dexter Farrell/Wahyu Agung Prasetyo juga tersisih. Mereka gagal maju ke babak 32 besar setelah dikalahkan Lai Po Yu/Tsai Fu Cheng, unggulan keenam asal Chinese Taipei, 16-21, 11-21.

Untuk ganda putri, Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani terus menjaga harapan. Unggulan keempat itu menang atas Johanka Ivanovicova/Lea Vybochova (Slovakia), 21-5, 21-9. Dengan kemenangan itu, di babak 32 besar akan ditantang Zheng Hong Li/Zheng Yan Li (Singapura).

“Alhamdulillah dan senang bisa menang. Tetapi kami tetap harus beradaptasi lagi karena tampil di beregu dan perseorangan itu berbeda. Untuk besok, kita harus siap. Kami pernah bertemu dan mengalahkan mereka di Kejuaraan Asia Junior di Yogyakarta lalu. Jadi sudah tahu bagaimana cara main lawan dan harus menerapkan strategi bagaimana,” kata Anisanaya.

Sayang, dua rekannya tersisih. Meisa Rizka Fitria/Maulida Aprilia Putri gagal bertahan, setelah disingkirkan Sofie Rokjaer/Maria Hojlund Tommerup (Denmark), 21-10, 23-25, 15-21. Hasil minor juga dialami Nabila Cahya Permata Ayu/Reva Olivia Damayanti yang kalah dari Vennala Kalagotla/Shriyanshi Valishetty (India), 21-13, 19-21, 11-21. (*)

Leave a Reply