Asian Games 2022: Jonatan Dan Ginting Harus Lebih Rileks, Rehan/Lisa Tambah Kepercayaan Diri

Hangzhou, 1 Oktober 2023

Nomor perorangan cabang bulutangkis Asian Games 2022 akan bergulir mulai hari Senin (2/10) besok hingga Sabtu (7/10) mendatang. Tim bulutangkis Indonesia terus mematangkan kesiapan jelang pertandingan tersebut.

Tidak terkecuali dua tunggal putra andalan, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Pelatih Irwansyah membeberkan kondisi keduanya.

“Saat ini kondisi Jonatan dan Ginting cukup bagus. Persiapan berjalan lancar. Kemarin kekalahan Jonatan sebenarnya bukan dari cara main tapi memang ada beban yang terlalu berat dirasakannya. Jadi di perorangan nanti, saya harap pengalaman di beregu mudah-mudahan menjadi benar-benar pelajaran untuk dia,” ujar Irwansyah kepada Tim Humas dan Media PP PBSI.

“Untuk Ginting, sudah bagus start dia di pertandingan beregu. Tapi sama seperti Jonatan, harus dijaga fokus pikirannya. Kalau sudah rileks, tidak ada tekanan dari diri mereka sendiri, semua bisa dilewati.” lanjutnya.

Menyoal hasil undian yang bakal langsung mempertemukan Ginting dengan Wang Tzu Wei (Chinese Taipei) dan Jonatan yang menunggu pemenang antara Chou Tien Chen (Chinese Taipei) melawan Pang Fong Pui (Macau), Irwansyah mengatakan bahwa itu normal saja.

“Menurut saya hasil undian ya ok saja. Dimanapun nanti juga akan bertemu. Yang penting keduanya harus lebih siap saja dari pikirannya,” kata Irwansyah.

“Karena kalau dari kondisi fisik dan teknis sudah siap semua. Bila sudah main lepas dan enjoy menurut saya tidak akan ada masalah. Tapi kalau pikirannya membebani diri sendiri, timbul takut kalah, ini lah, itu lah, jadi kacau permainannya. Makanya saya sebagai pelatih terus membuat nyaman pikiran mereka dulu lalu supaya bisa lebih berani bermainnya, lebih semangat lagi,” tukas Irwansyah.

Sementara ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati mengaku meningkatkan kepercayaan diri jelang laga pertama. Rehan/Lisa ditantang wakil Chinese Taipei Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin.

“Buat kami semua lawan sama, tidak ada yang mudah. Kami mencoba meningkatkan kepercayaan diri, ini kesempatan yang belum tentu ada lagi dimana kami bisa main di Asian Games. Persiapan sejauh ini sangat bagus dan kami sudah berada di China satu pekan untuk berlatih. Kami sudah siap turun berlaga,” ungkap Lisa.

“Kami pastinya menyiapkan mental dan keyakinan. Apalagi ada koh Herry (Iman Pierngadi) dan ada bang Amon (Sunaryo) yang ikut, sehingga menambah insight-insight buat kami,” pungkasnya.

Sedangkan sang kolega dari Rehan/Lisa yaitu Rinov Rivaldy/Pitha Haningtas Mentari akan berhadapan dengan Kim Won Ho/Jeong Na Eun dari Korea.

Berikut wakil-wakil Indonesia di nomor perorangan Asian Games 2022:

Tunggal Putra
1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Jonatan Christie

Tunggal Putri
1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra
1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
2. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Ganda Putri
1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
2. Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran
1. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
2. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

(*)

Leave a Reply