Asian Games 2022: Vito dan Gregoria Terpilih Menjadi Kapten Tim

Hangzhou, 27 September 2023

Shesar Hiren Rhustavito dan Gregoria Mariska Tunjung terpilih sebagai kapten tim bulutangkis beregu putra dan beregu putri ajang Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, China, 28 September hingga 7 Oktober mendatang. Pemilihan ini diambil Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky berdasarkan hasil diskusi dengan seluruh tim.

“Pemilihan kapten, kami melakukan sistem voting. Ada saya, Jonatan, Ginting dan Fajar, tapi ketika penentuan kemarin kak Rionny (Mainaky) menunjuk saya sebagai kapten,” kata Vito, sapaan akrab Shesar Hiren Rhustavito, kepada Tim Humas dan Media PP PBSI.

“Tidak jauh berbeda dengan saya di beregu putri. Saya ditunjuk kak Rionny untuk menjadi kapten. Calon kapten lain itu ada kak Apri (Apriyani Rahayu),” sambung Gregoria.

Vito mengaku senang dipercaya menjadi kapten untuk pertama kalinya. Perasaan yang sama dirasakan Gregoria yang mendapat kesempatan kedua menjadi kapten.

Kesempatan pertama terjadi di Kejuaraan Asia Beregu Putri 2022. Saat itu, Gregoria mampu membawa tim putri keluar sebagai pemenang.

“Ini pertama kali saya menjadi kapten dan sangat senang bisa dipercaya dan didukung rekan-rekan lain juga pelatih,” ucap Vito.

“Senang dengan kesempatan yang diberikan walau saya masih harus banyak belajar dengan kak Apri yang lebih senior dari saya. Semoga terpilihnya saya menjadi kapten bisa menjadi tambahan motivasi saya setiap diturunkan,” ujar Gregoria.

Menyoal hasil undian, baik Vito maupun Gregoria bertekad untuk memberikan yang terbaik untuk tim.

“Kalau masalah undian sebenarnya tidak ada masalah karena memang pertandingan di Asian Games ini semua pemain-pemain bagus. Persaingan juga cukup ketat. Tapi dari kami sendiri akan berusaha maksimal untuk selalu memenangkan setiap pertandingan,” tekad Vito.

“Memang dibandingkan lawan-lawan yang akan dihadapi, lawan kami pasti lebih diunggulkan. Tetapi saya tidak mau terpengaruh dengan itu. Saya coba untuk melewati itu satu per satu, juga dengan keinginan untuk melakukan yang terbaik. Semoga dengan hal itu, bisa menular juga ke teman-teman yang lain,” tutur Gregoria.

Cabang bulutangkis Asian Games 2022 bakal dimulai hari Kamis (28/9) besok, memainkan babak 16 besar. Tim putra dan putri Indonesia baru akan berlaga pada hari Jumat (29/9) di babak perempatfinal.

Tim putra menunggu lawan, pemenang antara Korea versus Malaysia. Sementara tim putri bersua tuan rumah China. (*)

Leave a Reply