BNI Indonesia Masters 2023: Zacha/Bela dan Bobby Terhenti, Saut ke 32 Besar

Medan, 5 September 2023

Ganda campuran Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela tersingkir di babak awal turnamen bulutangkis BNI Indonesia Masters 2023.

Pasangan rangking 38 dunia itu bertekuk lutut di hadapan wakil Thailand, Pakkapon Teeraratsakul/Phataimas Muenwong dua gim langsung dengan skor 15-21, 19-21.

Dalam pertandingan yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Rabu (6/9/2023), Zacha/Bela mengaku kurang beradaptasi dengan kondisi arena pertandingan yang berangin.

Melihat kondisi yang tidak menguntungkan, Zacha/Bela mengaku tidak mau menjadikan hal tersebut sebagai alasan kuat menyerah dari wakil Negeri Gajah Putih dalam tempo 35 menit.

“Kondisi angin di sini tidak menentu. Hal tersebut menjadi satu di antara faktor kesulitan kami di laga ini. Hal tersebut tidak mau kami jadikan sebagai alasan kekalahan kami. Pada turnamen ini, kami sudah bermain semaksimal mungkin untuk bisa meraih kemenangan,” ungkap Zachariah.

Juara Indonesia International Challenge 2019 itu mengaku masih belum menemukan bentuk permainan terbaiknya hingga saat ini sehingga masih sering bermain kurang konsisten.

“Kami merasa belum dalam performa terbaik saat ini. Sejauh ini kami sudah mempersiapkan semua hal tersebut dan sekarang tinggal faktor-faktor di luar pertandingan,” tambah Zachariah.

Kekalahan juga diderita tunggal putra, Bobby Setiabudi yang menyerah di tangan wakil India, Ravi dengan skor 7-21, 15-21.

Beruntung rentetan hasil buruk tersebut diputus tunggal putra, Yohanes Saut Marcellyno.

Juara Juara Finnish Junior 2021 itu melaju ke babak 32 besar seusai membuat kejutan dengan meraih kemenangan saat jumpa wakil Jepang rangking 78 dunia itu, Riku Hatano lewat pertarungan rubber game 21-17, 19-21, 21-6.

Pada pertandingan ini tunggal putra kelahiran 2 Mei 2003 itu mengaku bermain sesuai dengan strategi yang diinginkan.

Kendati sempat kehilangan momentum di gim kedua, runner up Denmark Junior 2021 itu mampu tampil konsisten sehingga menutup pertandingan dalam tempo 1 jam 2 menit.

“Pertandingan hari ini sudah seusai dengan ekspektasi saya. Saya bisa melancarkan strategi yang saya inginkan dan lawan terlihat kesulitan. Ini menjadi modal yang bagus untuk mengarungi turnamen BNI Indonesia Masters 2023,” pungkas Saut.

Dengan kemenangan ini Yohanes Saut Marcellyno akan berhadapan dengan wakil Prancis, Arnaud Merkle di 32 besar. (*)

Leave a Reply