BNI Indonesia Masters 2023: Perjuangan Deswanti Terhenti, Tunggal Putri Tersisa Dua Wakil

Medan, 7 September 2023

Perjuangan tunggal putri Deswanti Hujansih Nurtertiati di turnamen bulutangkis BNI Indonesia Masters 2023 terhenti di babak 16 besar. Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Kamis (7/9/2023), tunggal putri kelahiran 3 Desember 2004 itu menyerah dari wakil Jepang, Riko Gunji dengan skor 22-20, 13-21, 13-21.

Pada pertandingan ini tunggal putri rangking 279 dunia itu sejatinya bisa menyulitkan runner up Indonesia Masters 2022 tersebut. Tercatat pada gim pertama, Deswanti mampu mengambil keunggulan dengan skor 22-20.

Tren positif di gim pertama sayang tidak berlanjut di gim kedua, mengingat permainan Deswanti menurun sehingga wakil Negeri Matahari Terbit itu mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pada gim penentuan, Deswanti terlihat semakin menurun sehingga akhirnya harus menyerah rubber game dalam tempo 62 menit.

“Pada pertandingan ini saya kurang bisa mengantisipasi gaya bermain lawan yang bermain cepat di depan net. Saya melihat hal tersebut tidak terlihat di lawan pada gim pertama karena masih meraba-raba strategi yang ingin dimainkan,” ungkap juara Lithuanian International 2023 itu.

Kekalahan ini membuat Deswanti Hujansih Nurtertiati mencoba melakukan pembenahan khususnya fisik dan kecepatan.

“Postur saya tidak begitu istimewa untuk tunggal putri dan saya harus meningkatkan fisik saya khususnya ketahanan dan kecepatan di lapangan,” ungkap Deswanti.

Tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi memenangi duel sesama wakil Indonesia melawan Stephanie Widjaja dengan skor 21-17, 12-21, 21-14.

Pada pertandingan ini pemain asal Pulau Dewata itu mengaku sempat kesulitan menghadapi Stephanie mengingat kondisi kakinya mengalami sedikit masalah saat latihan.

Beruntung juara Nantes International Challenge 2023 iru mampu tampil tenang untuk akhirnya meraih kemenangan dalam tempo 52 menit.

“Kondisi kaki saya sempat bermasalah saat latihan. Saya mau recovery terlebih dahulu setelah ini untuk bisa mengarungi turnamen BNI Indonesia Masters 2023,” ungkap tunggal putri rangking 56 dunia itu.

“Pada laga hari ini saya sudah mengenal karakter lawan mengingat setiap harinya berlatih bersama di Pelatnas Cipayung. Saya cukup menguasai kekurangan dan kelemahan lawan,” tambah runner up Denmark Masters 2023 itu.

Dengan kemenangan ini Komang Ayu Cahya Dewi akan berhadapan dengan pemenang laga antara wakil Malaysia, Karupathevan Letshanaa melawan Huang Yu-Hsuan (Chinese Taipei).

Tercatat wakil Indonesia lainnya yang masih bertahan dari sektor tunggal putri di BNI Indonesia Masters 2023 ialah Ester Nurumi Tri Wardoyo. Juara Xpora Indonesia International Challenge 2023 itu berupaya untuk menyusul Komang ke perempat final dengan menghadapi tunggal putri Thailand, Pornpicha Choeikeewong. (*)

Leave a Reply