BNI Indonesia Masters 2023: Ester Ikuti Jejak Komang, Tommy Belum Tertahan

Medan, 7 September 2023

Tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo mengikuti jejak Komang Ayu Cahya Dewi melangkah ke perempatfinal turnamen bulutangkis BNI Indonesia Masters 2023.

Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Kamis (6/9/2023), juara Xpora Indonesia International Challenge 2023 itu menang dengan skor 21-15, 12-21, 21-12 atas wakil Thailand, Pornpicha Choeikeewong.

Pada pertandingan ini, tunggal putri kelahiran 26 Agustus 2005 itu mengaku masih kesulitan beradaptasi dengan kondisi angin di arena. Saat kondisi angin tidak menguntungkan buat Ester, juara Indonesia International Challenge 2022 itu banyak melakukan kesalahan sendiri sehingga memberikan keuntungan buat lawan.

Beruntung pada gim pemungkas, runner up Bahrain International Challenge 2022 itu bisa bangkit untuk mengunci kemenangan dalam tempo 52 menit.

“Pada awal laga saya mendapat keuntungan dari sisi lapangan yang tidak banyak hembusan angin. Saya tidak bisa berbuat banyak saat gim kedua banyak melakukan pukulan yang mengambang sehingga membuat lawan menyerang dengan mudah,” ujar Ester.

“Beruntung pada gim pemungkas saya bisa memegang kendali permainan kembali untuk mengakhiri laga dengan kemenangan,” ungkap Ester.

Dengan hasil ini adik kandung dari Chico Aura Dwi Wardoyo itu melangkah ke delapan besar dan akan menantang tunggal putri Jepang, Riko Gunji.

Pada pertandingan sebelumnya runner up Indonesia Masters 2022 itu menang atas wakil Indonesia lainnya, Deswanti Hujansih Nurtertiati dengan skor 20-22, 21-13, 21-13.

“Semua orang tahu bagaimana seorang Riko Gunji. Menghadapi laga esok kami mencoba menyiapkan mental bertanding untuk bisa tampil maksimal tanpa beban,” tambah semifinalis BWF World Junior Championships 2022 itu.

Dari sektor tunggal putra, Tommy Sugiarto menjadi satu-satunya wakil tuan rumah yang tersisa di perempatfinal. Tunggal putra kelahiran 31 Mei 1988 itu melangkah ke delapan besar turnamen BWF Tour Super 100 tersebut seusai menang atas wakil Chinese Taipei, Chi Yu Jen dengan skor 21-16, 21-10.

Pada laga ini, juara Thailand Masters 2018 itu mengaku menggunakan pengalaman bertandingnya untuk bisa mengunci kemenangan dua gim langsung dalam tempo 33 menit.

“Lawan memberikan perlawanan ketat di laga ini. Saat perolehan skor mepet saya mencoba tetap fokus untuk mengakhiri laga dengan kemenangan. Pada gim kedua saya sempat mengubah strategi untuk bisa nyaman dalam menyerang. Strategi tersbeut berjalan dengan baik di laga ini,” ungkap runner up Thailand Open 2018 itu.

Dengan hasil ini tunggal putra rangking 124 dunia itu akan menantang wakil Chinese Taipei lainnya yakni Su Li Yang di perempatfinal. Pada pertandingan sebelumnya, unggulan kedua itu menang melawan melawan rekan satu negaranya, Chen Chi Ting dengan skor 21-17, 21-11.

“Saya mencoba semaksimal mungkin. Sekarang fokus recovery untuk babak delapan besar esok hari. Sebelumnya saya sempat mengalami masalah di Xpora Indonesia International Challenge 2023 dan sekarang saya mencoba untuk bermain semaksimal mungkin,” pungkas runner up Korea Open 2018 itu. (*)

Leave a Reply