Xpora Indonesia International Challenge 2023: Marwan/Jessica dan Jesita/Febi Kompak ke Final

Medan, 2 September 2023

Ganda campuran Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani melangkah ke final turnamen bulutangkis Xpora Indonesia International Challenge 2023.

Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (2/9/2023), pasangan rangking 169 dunia itu menang melawan pasangan Thailand, Tanupat Viriyangkura/Alisa Sapniti lewat pertarungan rubber game 19-21, 25-23, 21-9.

Pada laga ini, juara Lithuanian International 2023 itu sejatinya punya peluang mengakhiri laga dengan kemenangan straight game.

Pada gim pertama tercatat Marwan/Jessica sempat unggul jauh 19-15 sebelum akhirnya tersusul dan tertinggal menjadi 19-21.

Beruntung pada gim kedua Marwan/Jessica bisa bangkit sehingga memaksa pertandingan dilanjutkan ke gim ketiga.

Pada gim penentuan, permainan Marwan/Jessica sudah di atas angin sehingga menutup laga dengan kemenangan dalam tempo 1 jam.

“Kami sempat tegang saat unggul dengan skor jauh di gim pertama. Saya tidak bisa menghilangkan rasa tegang tersebut sehingga harus tertinggal di gim pertama. Beruntung pada gim kedua kami mencoba fokus dan berusaha bermain menyerang untuk meraih kemenangan dan memaksakan rubber game,” ungkap Jessica.

“Kami kurang bisa beradaptasi dengan kondisi arena pertandingan yang dipenuhi oleh suporter. Jujur kami belum pernah merasakan atmosfer seperti ini sehingga sempat tegang dan tertinggal,” timpal Marwan.

Dengan kemenangan ini, Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani akan berhadapan dengan pasangan Thailand, Weeraphat Phakjarung/Ornnicha Jongsathapornparn (Thailand)

Pada pertandingan sebelumnya wakil asal Negeri Gajah Putih tersebut ke final seusai mengalahkan ganda campuran Malaysia, Roy King Yap/Valeree Siow (Malaysia) straight game 23-21, 21-16.

Menghadapi partai puncak, pasangan Marwan/Jessica bertekad menikmati pertandingan untuk meraih hasil maksimal.

“Kami sudah mengetahui atmosfer pertandingan di sini. Laga hari ini menjadi pembelajaran buat kami untuk bermain lebih yakin lagi dan menikmati pertandingan,” tambah Marwan.

Kemenangan Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani juga diikuti ganda putri Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum.

Pasangan rangking 63 dunia itu melangkah ke partai pamungkas seusai menang melawan rekan satu negaranya, Anggia Shitta Awanda/Putri Larasati, dengan skor 16-21, 23-21, 21-18.

Pada laga ini, juara Iran Fajr International Challenge 2023 itu mengaku kurang bisa beradaptasi dengan kondisi lapangan dua yang berangin.

Tidak heran runner up Vietnam International Challenge 2023 itu bermain kurang tenang di gim pertama dan tertinggal dengan skor 16-21.

Beruntung pada gim kedua dan ketiga permainan Jesita/Febi jauh lebih cair sehingga mampu menyegel tempat ke partai final turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023 tersebut dalam tempo 58 menit.

“Pada pertandingan ini kami kesulitan beradaptasi dengan kondisi lapangan kedua. Tercatat kami belum pernah bermain di lapangan tersebut dan kaget dengan kondisi lapangan yang berangin,” ungkap Jesita.

Kemenangan ini membuat pasangan Jesita/Febi ke final dan akan menantang pemenang laga antara Velisha Christina/Bernadine Anindya Wardana vs Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa.

Menghadapi partai puncak, pasangan Jesita/Febi bertekad memberikan permainan terbaik untuk bisa meraih hasil maksimal.

“Jujur kami tidak menyangka bisa melangkah jauh hingga partai final. Ini di luar ekspektasi kami sejauh ini dan kami mencoba menikmati proses ini untuk bisa memberikan hasil terbaik di laga esok,” pungkas Febi. (*)

Leave a Reply