Xpora Indonesia International Challenge 2023: Alwi Farhan Jaga Asa Juara

Medan, 2 September 2023

Tunggal putra Alwi Farhan melangkah ke final turnamen bulutangkis Xpora Indonesia Open 2023 seusai mengalahkan rekan satu negaranya, Tegar Sulistio.

Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (2/9/2023), tunggal putra rangking 103 dunia itu melaju ke partai puncak seusai mengalahkan Tegar dengan skor 21-9, 21-18.

Pada pertandingan ini runner up Osaka International Challenge 2023 itu mengaku mencoba menjaga fokus pertandingan sepanjang laga.

Menghadapi rekan satu negara, tidak mudah buat Alwi mengingat satu sama lain sudah saling mengenal kelebihan dan kekurangan.

“Senang rasanya bisa melangkah ke partai final. Pada pertandingan hari ini saya mencoba menjaga fokus dan konsistensi permainan. Saat saya bisa terkejar perolehan angkanya oleh lawan, sebisa mungkin saya tidak panik dan tetap menjaga fokus pertandingan,” ungkap tunggal putra kelahiran 12 Mei 2005 itu.

Pada pertandingan ini semifinalis Badminton Asia Junior Championships 2023 itu termotivasi untuk tampil lebih baik mengingat masyarakat Kota Medan memberikan dukungan penuh buat dirinya.

“Melihat penonton yang mulai memadati GOR Pancing jujur membuat saya termotivasi untuk bermain lebih baik lagi. Menurut saya ini tidak sesuai ekspektasi karena banyak penonton datang mendukung saya di sini,” tambah kapten tim bulutangkis beregu Indonesia di Badminton Asia Junior Championships 2023 tersebut.

Dengan hasil ini Alwi Farhan akan berjumpa tunggal putra Sri Lanka, Viren Nettasinghe. Pada pertandingan sebelumnya, Viren mengatasi wakil Indonesia lainnya yakni Krishna Adi Nugraha dengan skor 17-21, 21-7, 21-15.

Menilik rekor pertemuan, Alwi tercatat pernah berhadapan Viren pada semifinal Bangladesh Junior International Series 2021. Saat itu Alwi Farhan mampu meraih kemenangan melawan tunggal putra rangking 98 dunia itu dengan skor 21-17, 26-24.

“Menghadapi pertandingan final melawan tunggal putra dari Sri Lanka saya sebelumnya saya pernah bertemu. Saya melihat sekarang banyak lawan banyak melakukan perubahan. Pasti tidak mudah untuk mengalahkannya dan saya mencoba untuk fokus pada persiapan yang saya lakukan dan menjaga fokus,” pungkas juara Alpes International U19 2022 tersebut. (*)

Leave a Reply