Jelang China Open 2023: Tunggal Putri Dan Ganda Campuran Fokus Pemulihan Kondisi

Changzhou, 3 September 2023

Tim bulutangkis Indonesia langsung menggelar latihan pertama di Changzhou Olympic Sports Center Gymnasium pada Minggu (3/9) sore. Jelang bergulirnya turnamen bergengsi China Open 2023 pada 5-10 September mendatang.

Tak terkecuali sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani menghabiskan waktu 30 menit di lapangan nomor tiga dari venue ajang yang berkategorikan BWF World Tour Super 1000 itu. Penyesuaian lapangan dan pengembalian kondisi menjadi fokus utama dua tunggal putri ini.

“Di latihan pertama fokusnya adalah penyesuaian dengan lapangan dan pengembalian kondisi setelah tiba di China tadi malam. Saya melihat mereka dalam keadaan yang cukup bagus tapi saya akan ada tambahan latihan fisik sedikit hari ini,” kata Indra Widjaja, pelatih tunggal putri.

“Besok masih ada satu kali latihan di lapangan pertandingan dan itu sudah masuk semua fokusnya ke keperluan pertandingan secara spesifik lagi,” tambah Indra.

Indra berharap, baik Gregoria maupun Putri mampu menunjukkan permainan terbaiknya di China Open 2023 kali ini. Seperti apa yang mereka tunjukkan di Kejuaraan Dunia 2023 lalu.

“Putri akan langsung ketemu Akane (Yamaguchi) dari Jepang, karena dari melihat sisi peringkat, peluang untuk bertemu dengan unggulan pasti ada di babak pertama. Tapi harapan saya untuk Putri bisa maksimal seperti yang ia tunjukkan saat melawan He Bing Jiao (China) di Kejuaraan Dunia kemarin,” ujar Indra.

“Untuk Gregoria, lututnya memang masih ditapping tapi sebetulnya tidak terlalu masalah. Saya harap dia bisa lebih berani untuk memaksimalkan semuanya di laga nanti, terus konsistensi dengan permainan terbaik dan tidak terpengaruh dengan hal-hal kecil yang bisa mengganggu,” ucap Indra.

Senada dengan tunggal putri, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juga menjadikan latihan pertama sebagai cara untuk kembali “ngenakin” gerakan badan.

“Sedikit banyak sudah mencoba lapangan hari ini tapi secara setting mungkin ini belum selesai jadi besok di latihan terakhir bisa lebih adaptasi lagi,” ungkap Pitha.

“Hari ini memang lebih banyak untuk ngenakin gerakan, balikin kondisi badan setelah perjalanan dari Jakarta. Kendala tidak ada tapi kami harus tetap memaksimalkan waktu. Cukup menyenangkan di latihan hari ini,” sambung Rinov. (*)

Leave a Reply