Xpora Indonesia International Challenge 2023: Ester dan Tasya Menyusul ke Delapan Besar

Medan, 31 Agustus 2023

Tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo menyusul Tasya Farahnailah ke perempatfinal turnamen bulutangkis Xpora Indonesia International Challenge 2023.

Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Kamis (31/8/2023), Ester menang dengan skor 21-10, 21-12 atas wakil India, Ananya Agrawal.

Pada laga ini tunggal putri rangking 68 dunia itu mengaku sempat kesulitan melawan wakil dari India tersebut.

Pebulutangkis kelahiran 26 Agustus 2005 itu mengaku sempat tegang sehingga di awal laga mengikuti gaya bermain lawan.

Beruntung seusai jeda, juara Indonesia International Challenge 2022 itu bisa menemukan bentuk permainan terbaiknya dan meraih kemenangan dalam tempo 25 menit.

“Jujur pada awal pertandingan saya sempat tegang. Saya merasa bentuk permainan terbaik saya tidak keluar, saya mencoba perlahan untuk bisa bermain lebih stabil,” ungkap runner up Bahrain International Challenge 2022 tersebut.

Kemenangan ini membuat Ester akan menghadapi rekan satu negaranya yakni Ruzana.

Pemain asal Lubuklinggau itu melangkah ke perempatfinal seusai mengalahkan seniornya, Yulia Yosephine Susanto dengan skor 21-14, 21-15.

Menghadapi rekan sendiri di perempatfinal membuat adik kandung dari Chico Aura Dwi Wardoyo tersebut mau fokus sejak awal laga untuk bisa melangkah jauh di turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023.

“Melawan rekan sendiri memang tidak mudah karena pastinya dia tahu kelemahan dan kelebihan saya. Saya mencoba menikmati pertandingan untuk tidak kehilangan fokus di laga perempatfinal turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023,” semifinalis BWF World Junior Championships 2022 itu.

Mengikuti langkah apik Ester ada tunggal putri Tasya Farahnailah.

Tunggal putri kelahiran 17 Agustus 2004 itu di luar dugaan membuat kejutan dengan mengalahkan rekan satu negaranya Mutiara Ayu Puspitasari dengan skor 21-13 21-7.

Pada laga ini pebulutangkis rangking 127 dunia itu tidak mengetahui kondisi fisik dari juara Badminton Asia Junior Championships 2023 tersebut.

Runner up Bangladesh International Challenge 2021 hanya berpikir untuk fokus pada strategi permainan yang dilancarkan sehingga akhirnya menang dalam tempo 31 menit.

“Saya tidak mengetahui kondisi terkini Mutiara di laga ini. Saya melihat ada sedikit gangguan di bagian kaki yang membuat pergerakannya tidak begitu nyaman,” ujar Tasya.

“Pada laga ini saya hanya berpikir tentang diri saya sendiri agar permainan terbaik saya bisa keluar. Saya harus bisa menikmati pertandingan dan fokus pada setiap poin yang diraih,” tambah runner up Alpes International U19 2022 itu.

Dengan hasil ini Indonesia mengirimkan enam pebulutangkis tunggal putri di perempatfinal turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023.

Selain Ester dan Tasya, wakil Indonesia yang lolos di delapan besar adalah Kyla Legiana Agatha, Gabriela Meilani Moningka, Ruzana, dan Aisyah Sativa Fatetani. (*)

Leave a Reply