Xpora Indonesia International Challenge 2023: Rafli/Indah Melangkah, Saut Tertahan

Medan, 31 Agustus 2023

Ganda campuran Rafli Ramanda/Indah Cahya Sari Jamil mengawali perjuangan di Xpora Indonesia International Challenge 2023 dengan apik seusai melaju ke perempatfinal.

Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Kamis (31/8/2023), Rafli/Indah menang lewat pertarungan rubber game dengan skor 21-19, 13-21, 21-19 atas pasangan asal Thailand, Ratchapol Makkasasithorn/Ruttanapak Oupthong.

Pada pertandingan ini, pasangan yang memulai debut di Swedish Open 2023 itu mengaku sempat kurang siap saat lawan mengubah strategi di gim kedua.

Saat sudah unggul di gim pertama, pasangan ranking 379 dunia itu sempat terlena sehingga laga harus dilanjutkan ke rubber game.

Terlihat kekompakan di antara keduanya sudah mulai terbangun dengan mampu menutupi kekurangan satu sama lain saat di lapangan kendati baru main bersama pada empat turnamen terakhir.

Tidak heran pada laga ini pasangan Rafli/Indah mampu mengakhiri laga dengan meraih kemenangan lewat pertarungan rubber game dalam tempo 52 menit.

“Pada gim pertama saya sudah menemukan tempo terbaik kami, sayang di gim kedua saya kurang adaptasi dengan strategi lawan. Saat kami ingin mengubah strategi, kami dalam keadaan tertinggal jauh,” ungkap Indah.

“Kami juga sempat kesulitan di penghujung gim ketiga dengan ingin mengakhiri pertandingan dengan cepat sehingga banyak melakukan kesalahan. Beruntung pada akhirnya kami bisa mengakhiri laga dengan kemenangan,” tambah Rafli.

Dengan hasil ini, Rafli Ramanda/Indah Cahya Sari Jamil melangkah ke perempatfinal turnamen Xpora Indonesia Challenge 2023.

Pada babak delapan besar, Rafli/Indah akan menantang pemenang laga antara Loo Bing Kun/Cheng Su Yin (Malaysia) vs Marwan Faza/Jessica Maya Rimawardani.

Tercatat selain Rafli/Indah, wakil Indonesia lainnya yang sudah memesan tiket perempatfinal ialah Tommy Sugiarto (tunggal putra), Gabriela Meilani Moningka (tunggal putri) dan Reinard Dhanriano/Muhammad Alfian Firsada Ternawan (ganda putra).

Tommy di laga ini meraih kemenangan atas rekan satu negaranya Yohanes Saut Marcellyno dengan skor 22-20, 21-17.

Saut di laga ini mengaku sudah mengeluarkan permainan terbaiknya melawan pebulutangkis senior kelahiran 31 Mei 1988 itu.

“Pada laga ini saya sudah melakukan seluruh permainan terbaik. Lawan lebih punya pengalaman, dan saya terlihat kewalahan mengatasi hal tersebut. Secara keseluruhan saya puas dengan permainan saya hari ini melawan pemain senior dan hal itu akan menjadi pembelajaran saya buat tampil di turnamen berikutnya,” tambah Saut.

Dari sektor tunggal putri Gabriela Meilani Moningka ke delapan besar seusai mengatasi wakil Hong Kong, Saloni Samirbhai Mehta rubber game 21-15, 13-21, 21-11.

Adapun untuk Reinard Dhanriano/Muhammad Alfian Firsada Ternawan melaju ke perempat final seusai menang melawan ganda putra Malaysia, Goh Shao Tang/Ng Jhi Hao straight game 21-18, 21-16. (*)

Leave a Reply