Xpora Indonesia International Challenge 2023: Ruzana dan Tasya ke 16 Besar, Stephanie Terhenti

Medan, 30 Agustus 2023

Pebulutangkis tunggal putri Ruzana melangkah ke 16 besar turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023. Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Rabu (30/8/2023), tunggal putri kelahiran 22 April 2005 itu melangkah ke babak kedua seusai mengalahkan wakil India, Anupama Upadhyaya.

Pada laga ini pemain ranking 135 dunia itu mengaku bermain menyerang sejak awal laga untuk membuat lawan tidak mengembangkan bentuk permainan terbaiknya.

Strategi tersebut berjalan dengan baik seusai Ruzana mampu menang dalam tempo 26 menit.

“Saya bermain menyerang sejak awal laga. Terlihat lawan tidak terlihat bentuk permainan terbaiknya saat saya melancarkan serangan. Ini tidak seusai dengan ekspektasi saya mengingat lawan yang dihadapi seharusnya tidak mudah dikalahkan,” ungkap runner up Bangladesh Junior International Series 2021.

Dengan hasil ini Ruzana melangkah ke 16 besar dan akan menantang pemenang laga antara Yulia Yosephine Susanto vs Siti Nurshuhaini (Malaysia).

“Dengan kemenangan ini saya harus lebih siap lagi karena pada turnamen di sini lawan yang dihadapi tidak mudah. Saya ingin fokus satu-satu terlebih dahulu setelah ini,” tambah wanita asal Lubuklinggau itu.

Kegemilangan Ruzana juga diikuti oleh tunggal putri, Tasya Farahnailah. Runner up Alpes International U19 2022 melangkah ke 16 besar seusai mengalahkan wakil India lainnya, Aditi Bhatt dengan skor 21-13, 21-14.

Dengan hasil ini sektor tunggal putri Indonesia yang sudah melangkah ke 16 besar di antaranya ada Aisyah Sativa Fatetani.

Tunggal putri kelahiran 14 Mei 2002 itu juga mengikuti jejak apik Ruzana, dan Tasya seusai menang melawan Unnati Hooda lewat pertarungan rubber game 23-21, 18-21, 21-18.

Kegemilangan ketiga tunggal putri Indonesia itu sayang tidak diikuti oleh Stephani Widjaja.

Stephani tumbang di babak pertama dari wakil Thailand, Pornpicha Choeikeewong dengan skor 21-19, 9-21, 21-23.

Pada pertandingan ini Juara Bonn International 2022 itu mengaku kurang dalam yakin dalam penyelesaian akhir.

Saat tengah unggul tunggal putri ranking 70 dunia itu malah kehilangan fokus sehingga harus menyerah lewat pertarungan rubber game dalam tempo 1 jam.

“Saat saya tengah unggul saya malah kurang yakin dalam menyerang. Saya harus mengasah hal tersebut lagi. Secara keseluruhan saya siap untuk mengarungi turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023 dan tidak mengalami cedera,” pungkas runner up Indonesia International Series 2022 tersebut. (*)

Leave a Reply