Xpora Indonesia International Challenge 2023: Mutiara dan Ester Menang, Bilqis Tertahan

Medan, 30 Agustus 2023

Tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari mengawali turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023 dengan meraih kemenangan.

Pebulutangkis kelahiran 17 Mei 2006 itu menang lewat pertarungan rubber game dengan skor 21-16, 18-21, 21-18 atas wakil India, Pranavi Natarajan di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Rabu (30/8/2023).

Pada pertandingan ini, juara Badminton Asia Junior Championships 2023 itu mengaku sempat kehilangan fokus di gim kedua. Saat bermain dengan nyaman di gim pertama, fokus Mutiara malah hilang sehingga harus bermain hingga gim ketiga.

Beruntung pada gim penentuan, fokus dan kepercayaan dirinya kembali sehingga mampu mengamankan tiket ke 16 besar.

“Pada laga ini saya kesulitan untuk beradaptasi dengan arena pertandingan. Saya menilai lawan bermain dengan nyaman saat kondisi arena pertandingan seperti ini,” ungkap tunggal putri ranking 113 dunia itu.

“Saya menilai bahwa sejatinya lawan cukup diuntungkan dengan kondisi seperti ini. Saya hanya mencoba fokus pada setiap poinnya untuk meraih kemenangan,” tambah Mutiara.

Kegemilangan Mutiara juga diikuti oleh tunggal putri Indonesia lainnya, Ester Tri Nurumi Tri Wardoyo.

Juara bertahan Indonesia International Challenge itu melangkah ke 16 besar seusai mengatasi perlawanan tunggal putri Malaysia, Kasturi Radhakrishnan dengan skor 21-9, 21-13.

Tunggal putri kelahiran 26 Agustus 2005 itu mengaku belum mengeluarkan bentuk permainan terbaiknya mengingat lawan yang dihadapi banyak membuat kesalahan sendiri.

Terbukti semifinalis BWF World Junior Championships 2022 itu mampu meraih tiket ke babak kedua melawan wakil Negeri Jiran tersebut dalam tempo 27 menit.

“Saya merasa masih belum maksimal. Laga hari ini saya jadikan untuk adaptasi menghadapi pertandingan selanjutnya,” ungkap Ester.

“Saya tidak menganggap remeh setiap lawan yang dihadapi, saya mau fokus pada setiap babak yang dihadapi untuk bisa melangkah sejauh mungkin,” lanjut adik kandung dari Chico Aura Dwi Wardoyo ini.

Kegemilangan Mutiara dan Ester, sayangnya tidak mampu diikuti oleh Bilqis Prasista.

Tunggal putri kelahiran 24 Mei 2003 itu terhenti langkahnya di babak awal seusai menyerah dari unggulan kedua asal Thailand, Lalinrat Chaiwan dengan skor 16-21. 12-21.

Pada pertandingan ini, putri dari pasangan Joko Supriyanto dan Zelin Resiana itu mengaku tidak bermain maksimal karena banyak melakukan kesalahan sendiri.

Tercatat sang lawan asal Negeri Gajah Putih diuntungkan dari kesalahan yang dibuat Bilqis sehingga mampu meraih kemenangan dalam tempo 30 menit.

“Permainan terbaik saya tidak keluar di laga ini. Saya banyak buat kesalahan sendiri yang menguntungkan lawan. Ke depannya saya harus bisa meminimalisir kesalahan sendiri,” pungkas juara Bangladesh Junior International Series 2021 itu.

Tercatat sejauh ini wakil Indonesia di sektor tunggal putri yang sudah melaju ke 16 besar berjumlah sekitar delapan wakil.

Wakil Indonesia dari sektor tunggal putri yang sudah melangkah ke babak kedua di antaranya Kyla Legiana Agatha, Gabriela Mellani Moningka, Tasya Farahnailah, Mutiara Ayu Puspitasari, Yulia Yosephine Susanto, Ruzana, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Aisya Sativa Fatetani. (*)

Leave a Reply