Xpora Indonesia International Challenge 2023: Kyla Bikin Kejutan Usai Kalahkan Komang

Medan, 30 Agustus 2023

Tunggal putri Kyla Legiana Agatha membuat kejutan saat tampil di Xpora Indonesia International Challenge 2023 dengan mengalahkan pebulutangkis unggulan pertama Komang Ayu Cahya Dewi di babak 32 besar.

Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Rabu (30/8/2023), Kyla menang dua gim langsung melawan tunggal putri asal Pulau Dewata tersebut dengan skor 21-15, 23-21.

Pada laga ini tunggal putri kelahiran 18 Agustus 2003 itu mengaku senang bermain lepas tanpa beban untuk meraih kemenangan. Perjalanan Kyla Legiana Agatha terhitung juga tidak mudah mengingat saat tampil di Xpora Indonesia International Challenge 2023 berjuang dari babak kualifikasi.

Tercatat Kyla melangkah ke babak utama seusai menumbangkan Sai Uttejitha Rao Chukka (India), dan Patchamon Laisuan (Thailand).

Dengan strategi bermain lepas tanpa beban, juara Seleknas PBSI 2022 tersebut mampu mengeluarkan bentuk permainan terbaiknya dan meraih kemenangan dalam tempo 47 menit.

“Pada laga ini saya bermain tanpa beban. Saat lawan mengejar, saya tidak berpikir untuk panik dan mencoba fokus pada setiap poinnya,” ungkap Kyla.

Sebagai rekan satu negara yang sudah berlatih bersama dalam beberapa kesempatan, Kyla menilai sudah mengetahui gaya bermain Komang.
 Kemenangan melawan Komang di laga ini bahkan tidak seusai dengan ekspektasi Kyla mengingat tampil di turnamen Xpora Indonesia International Challenge dengan status unggulan pertama.

“Saya sering berlatih bersama Komang sehingga sudah tahu gaya bermain mulai dari serangan, hingga pukulannya. Jujur perasaannya campur aduk karena tidak menyangka bisa menang dari pemain yang punya etos kerja keras sangat tinggi baik di latihan maupun pada pertandingan,” tambah tunggal putri ranking 246 dunia itu.

Hasil apik di laga ini membuat Kyla revans lawan tunggal putri ranking 45 dunia itu seusai sebelumnya kalah di Indonesia International Challenge 2022.

Tercatat saat itu di GOR Amongraga, Yogyakarta, Kyla kalah melawan Komang lewat pertarungan rubber game 21-11, 19-21, 18-21.

Dengan hasil ini Kyla Legiana Agatha melangkah ke babak 16 besar Xpora Indonesia International Challenge 2023 dan akan berhadapan dengan tunggal putri India, Mansi Singh.

Pada laga sebelumnya tunggal putri ranking 96 dunia itu meraih tiket 16 besar seusai menang melawan wakil Australia, Kai Qi (Bernice) Teoh dengan skor 21-5, 21-16. (*)

Leave a Reply