Jelang Kejuaraan Dunia 2023: Skuad Garuda Siap Tempur di Partai Pembuka

Kopenhagen, 20 Agustus 2023

Optimisme dan semangat tinggi menghiasi wajah-wajah pebulutangkis Indonesia jelang turun berlaga di partai pembuka Kejuaraan Dunia 2023. Para anggota Skuad Garuda menyatakan siap tempur.

Sesi latihan di practice hall di kawasan komplek Stadion Brondby, Kopenhagen, Minggu (20/8) siang dimanfaatkan sebagai persiapan terakhir sebelum pemain turun bertanding. Kejuaraan Dunia 2023 sendiri akan dihelat di Royal Arena, Kopenhagen, 21-27 Agustus.

Menurut Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky, semua pemain dalam kondisi baik dan sehat. Pemain juga sudah menjalani latihan di tempat latihan dan pertandingan. Pemain juga memiliki semangat besar dan siap bertempur untuk turun bertanding di babak pembuka Kejuaraan Dunia 2023 pada Senin (21/8).

“Puji Tuhan, kondisi pemain semua baik dan sehat. Mereka semua telah mempersiapkan diri dengan baik. Selama latihan tiga kali, saya melihat pemain begitu fokus dan sepertinya tidak sabar untuk segera turun bertanding,” kata Rionny saat ditemui Tim Humas dan Media PP PBSI usai berlatih di practice hall, Minggu (20/8) siang.

Putri Kusuma Wardani tekun berlatih teknik menghadapi Gregoria Mariska Tunjung. Kepala pelatih tunggal putri, Indra Widjaja dan Rionny terus menggembleng kedua pemain agar makin siap saat keduanya turun bertanding.

“Saya tentu siap turun bertanding lawan Polina Buhrova (Ukraina). Saya mau menikmati pertandingan, tidak mau terbebani, dan selalu semangat saja,” sebut Putri KW.

Di tunggal putra, Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo juga terus ditingkatkan performanya. Apalagi, keduanya juga sudah menjajal di main hall di Royal Arena, Sabtu (19/8) sore waktu setempat.

Kepala pelatih tunggal putra Irwansyah juga terus memoles kedua anak didiknya. Bahkan Irwansyah juga ikut bergabung berlatih satu lawan dua. Dia gantian berpasangan bersama Jojo lawan Chico atau sebaliknya bersama Chico lawan Jojo.

“Kapan turun main, saya tentu siap tempur. Saya sudah tiga kali berlatih selama di Kopenhagen ini. Persiapan saya untuk tampil di pertandingan pertama juga oke,” ujar Jojo yang di babak pertama akan bersua Lee Zii Jia (Malaysia).

Hal senada juga disampaikan Chico. Di babak pertama, Senin (21/8), dia akan bertemu Nathan Tang asal Australia.

“Persiapan saya sudah oke dan tidak ada kendala. Kemarin juga sudah menjajal arena pertandingan dan bisa mengetahui bagaimana arah angin dan laju shuttlecock-nya. Tinggal mempersiapkan kondisi serta bagaimana cara main di lapangan saja,” sebut Chico.

Di ganda campuran, tiga pasangan berlatih. Mereka secara bergantian berlatih dua lawan tiga. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melawan Dejan Ferdinansyah, Gloria Emmanuelle Widjaja, dan Rehan Naufal Kusharjanto.

Di babak pertama atau 64 besar, Dejan/Gloria akan bersua Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo asal Jepang. Rekor pertemuannya adalah 1-1.

“Persiapan kami sejak dari Jakarta hingga di sini sudah oke. Selama berlatih di Kopenhagen juga lancar dan tidak ada kendala. Tinggal nanti malam saya bakal diskusi sama Gloria dan pelatih untuk menyusun strategi bagaimana untuk menghadapi lawan,” sebut Dejan.

Di ganda putri, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari juga menyatakan siap tempur. Mereka akan melawan wakil Jerman, Stine Kuespert/Emma Moszczynski.

“Persiapan kami sudah enak. Kemarin sudah mencoba lapangan di main hall. Memang lapangan ada yang menang dan kalah angin. Jadi kami harus cepat adaptasi. Kami saat masuk lapangan, juga harus langsung in,” kata Ribka.

“Karena ini pertama kali kami bertemu, kami harus siap saja. Kami harus bisa main pintar. Sebisa mungkin bermain dengan pola no lob,” tambah Ribka.

Lokasi Royal Arena yang bakal menjadi tempat pertandingan berkapasitas 13 ribu tempat duduk ini berada di luar kota. Dari hotel ditempuh dengan bus sekitar 20 menit. Arena multi fungsi yang juga bisa digunakan untuk konser ini termasuk baru dan mulai beroperasi sejak tahun 2017.

Panggung bagi perhelatan bulutangkis dunia ini juga sudah beres di-set up. Terdapat empat lapangan yang akan menjadi tempat pertandingan kejuaraan dunia edisi ke-28 ini.

“Lapangan oke. Stadionnya juga besar. Lampunya juga bagus. Cuma memang ada sedikit hembusan angin, terutama lapangan yang pinggir-pinggir, tempat kami latihan kemarin,” kata Hendra Setiawan, pemain ganda putra. (*)

Leave a Reply