Australia Terbuka 2023: Vito Menjaga Asa, Komang Juga Melaju

Sydney, 2 Agustus 2023

Shesar Hiren Rhustavito terus menjaga asa di turnamen bulutangkis Sathio Group Australia Terbuka 2023. Pemain tunggal putra Indonesia itu pun melaju ke babak kedua ajang super 500 tersebut.

Pada pertandingan babak pertama turnamen berhadiah total 420 ribu dolar AS yang berlangsung di Quay Centre, Sydney Olympic Park, Sydney, Rabu (2/8) petang, Vito, sapaan karib Shesar Hiren tersebut menang 21-12, 21-19 atas Kantaphon Wangcharoen asal Thailand.

“Saya senang. Tetapi bisa menang mungkin karena hoki,” komentar Vito.

Pada gim kedua dalam kedudukan unggul 20-19, smash keras Vito bisa ditangkis Kantaphon dan jatuh tipis di depan net. Vito yang berada di garis belakang pun sebenarnya sudah pasrah. Namun dia tetap memaksakan diri untuk menjangkau shuttlecock.

“Shuttlecock bisa saya jangkau dan saya kembalikan. Tetapi luncurannya mengambang dan tanggung di atas net. Saya pun berpikir lawan akan mudah mematikan untuk dapat poin dan skor pun akan jadi 20-20,” aku Vito.

Namun, shuttlecock yang melambung tanggung itu gagal dikembalikan lawan. Pukulan Kantaphon malah tertahan di jaring.

“Saat itu saya pun pasrah, eh malah pukulan lawan nyangkut. Ini benar-benar hoki,” ujar Vito

Menurut Vito, jalannya laga di gim pertama, kondisi lawan memang gampang diserang. Berkali-kali bisa tembus dan mendapat angka. Tak heran menang relatif mudah dengan skor 21-12.

“Sebaliknya, di gim kedua, lawan mulai berkembang. Juga tidak gampang mati. Sementara dari sisi saya, permainan saya juga malah mudah memberikan kesempatan lawan untuk menyerang. Jadi terjadi jual beli serangan,” tutur Vito.

Dengan kemenangan ini, di babak kedua, Vito akan bertemu Weng Hong Yang asal China. Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua pemain.

“Dia pemain bagus. Jadi besok saya jangan memberi peluang untuk diserang. Kalau bisa harus meredam serangan. Kalau saya memberi peluang diserang, bakal babak belur,” kata Vito.

Di tunggal putri, Komang Ayu Cahya Dewi juga melaju ke babak kedua. Tiket itu didapat setelah berhasil menekuk Tasnim Mir asal India dengan skor 21-13, 21-7.

“Ini main pertama kali saya di Australia. Sempat grogi sedikit. Setelah itu bisa menguasai keadaan dan bisa menang. Penampilan saya masih oke. Besok saya akan lawan Aya Ohori dari Jepang. Besok harus main bagus. Saya tidak mau kalah saja. Ke mana bola diarahkan, akan saya kejar terus,” janji Komang

“Saya akan main penuh semangat. Doakan, semoga saya besok bisa bermain baik dan maksimal,” harap Komang.

Sayang kemenangan Komang ini gagal diikuti rekannya, Putri Kusuma Wardani untuk melangkah lebih jauh. Dia tertahan di babak pertama usai dihentikan oleh Sim Yu Jin asal Korea Selatan dengan skor 21-23, 13-21 dalam durasi 38 menit. (*)

Leave a Reply