BNI Badminton Asia Junior Championships 2023: Zhu/Huang Pecah Telur di Kota Pelajar

Yogyakarta, 16 Juli 2023

Ganda campuran China, Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin meraih gelar juara pada ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2023. Kepastian tersebut didapat pasangan Zhu/Huang seusai di final mengalahkan rekan satu negaranya, Liao Pin Yi/Zhang Jia Han dengan skor 21-19, 21-18.

Pada pertandingan final yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Minggu (16/7) siang, Zhu/Huang mengaku senang bisa naik podium di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2023. Maklum pada nomor beregu, pasangan ini tidak mampu mengantarkan China menjadi juara seusai terhenti di perempatfinal dari Jepang dengan skor 1-3.

“Senang rasanya bisa tampil maksimal di nomor perorangan. Setelah saya menjadi juara BWF World Junior Championships 2022, kini senang rasanya bisa tampil di final dan juara BNI Badminton Asia Junior Championships 2023,” ungkap Zhu yang di Santander, Spanyol tahun lalu bersama Liu Sheng Shu.

Pasangan Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin merasa terkesan dengan sambutan publik Yogyakarta yang ramah. Selama turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2023, Zhu/Huang merasa masyarakat Kota Pelajar telah menyambut mereka dengan baik sehingga keduanya nyaman dalam bertanding.

“Sangat senang rasanya bisa bertanding di sini dan menjadi juara. Selama di Yogyakarta, kami merasa terkesan dengan keramahan masyarakat di sini,” ujar Huang.

“Selain keramahan orang-orang di sini, saya juga suka dengan makanan di sini yang punya cita rasa manis,” tambah Huang.

Dengan hasil ini Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin untuk kali pertama pecah telur dengan meraih gelar juara di tahun 2023. Tercatat sepanjang tahun ini pasangan asal Negeri Tirai Bambu itu sempat lolos ke partai puncak pada turnamen Dutch Junior International 2023.

Sayang di laga pemungkas, Zhu/Huang menyerah dari wakil Korea Selatan, Park Beom Soo/Yeon Seo Yeon dua gim langsung dengan skor 15-21, 17-21. (*)

Leave a Reply