BNI Badminton Asia Junior Championships 2023: Perjuangan Mei Sudo/Nao Yamakita Sumbang Gelar buat Jepang

Yogyakarta, 16 Juli 2023

Ganda putri Jepang, Mei Sudo/Nao Yamakita menjadi juara di ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2023. Dalam laga yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Minggu (16/7) sore, ganda putri rangking 258 dunia itu naik podium seusai mengatasi wakil Korea Selatan, Park Seul/Yeon Seo Yeon lewat pertarungan sengit rubber game 21-19, 14-21, 23-21.

Dalam pertandingan ini Mei/Nao sejatinya bermain kurang konsisten. Beruntung pada gim penentuan, pasangan asal Negeri Matahari Terbit itu bisa fokus mengejar ketertinggalan hingga akhirnya memenangkan pertandingan.

“Laga yang tidak mudah buat kami. Kunci kemenangan kami hari ini ialah pantang menyerah. Saat dalam kondisi tertinggal kami tidak mau mengalah dan terus mencoba,“ ungkap Nao Yamakita

Pada pertandingan final, keduanya saling memberikan semangat mengingat laga berjalan dengan ketat. Dengan percaya satu sama lain, Mei/Sudo menjadi lebih tenang dan fokus sehingga akhirnya mampu menutup laga dengan kemenangan dalam tempo 1 jam 10 menit.

“Mei Sudo merupakan tipe orang yang pendiam. Jadi sebisa mungkin saya memberikan semangat terus kepadanya untuk tetap fokus, dan bermain semangat. Akhirnya kami bisa meraih kemenangan,” tambah Nao Yamakita.

Selama bertanding di Yogyakarta, unggulan pertama asal Jepang itu mengaku sempat kesulitan beradaptasi dengan cuaca panas. Beruntung adaptasi tersebut bisa sejalan dengan sambutan warga di Kota Pelajar yang sangat hangat menyambut Mei/Nao.

“Pertama kali ke sini kami merasa udaranya sangat panas. Setelah adaptasi cuaca, saya menilai bahwa orang-orang di sini sangat hangat sambutan kepada kami. Saya sangat suka dengan kota ini bahkan selama di sini kami punya makanan favorit yakni nasi goreng,” pungkas Nao Yamakita.

Dengan hasil ini, Mei Sudo/Nao Yamakita sukses untuk kali ketiga meraih gelar juara di tahun ini. Tercatat ganda putri asal Negeri Matahari Terbit itu sebelumnya berjaya di German Junior dan Guatemala Future Series 2023.

Gelar juara yang terakhir diraih Mei/Nao tercatat didapat pada turnamen Guatemala Future Series 2023 dengan mengalahkan sesama wakil Jepang, Tomoka Miyazaki/Maya Taguchi rubber game 16-21, 21-14, 25-23.

Pada ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2023, Jepang membawa pulang satu gelar dari dua pemain yang berlaga pada partai final nomor perorangan. Di tunggal putra, Yudai Okimoto gagal juara seusai menyerah di tangan wakil China, Hu Zhe An dengan skor 21-13, 14-21, 14-21. (*)

Leave a Reply