BNI Badminton Asia Junior Championships 2023: Mutiara Melesat ke Partai Puncak

Yogyakarta, 15 Juli 2023

Pebulutangkis tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari melangkah ke partsi puncak turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2023. Kepastian tersebut didapat seusai tunggal putri kelahiran Ngawi, 17 Mei 2006 itu menang dengan skor 22-20, 21-13 atas wakil China, Shou Qun Yu.

Dalam laga yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Sabtu (15/7) siang, Mutiara mengaku sempat kesulitan di penghujung gim pertama untuk segera menuntaskan laga dengan kemenangan. Saat Mutiara unggul 19-14, tunggal putri China kelahiran 15 September 2006 itu mampu mencoba mengejar ketertinggalan hingga bisa menyamakan skor menjadi 19-19.

Beruntung pada poin-poin kritis, tunggal putri tuan rumah yang menduduki rangking 107 dunia itu bisa bermain lebih tenang untuk mengakhiri gim pertama dengan skor 22-20.

Pada gim kedua saat sudah unggul, Mutiara bermain lebih tenang sehingga mampu memetik kemenangan dengan skor 21-13 dan melaju ke final dalam laga selama 35 menit.

“Hari ini saya sudah bermain maksimal. Saya melihat lawan punya postur tinggi jadi saya mencoba menyerang langsung ke bawah. Saya sempat kesulitan di gim pertama saat ingin terburu-buru menyerang dengan langsung smash ke arah badan lawan,” kata Mutiara.

“Dalam posisi itu saya berspekulasi sehingga bermain tidak tenang. Bersyukur bisa mengatasi hal itu dan meraih kemenangan,” ungkap juara Slovenia International 2021 itu.

Dengan hasil ini Mutiara Ayu Puspitasari tampil di partai final turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2023. Pada partai puncak Mutiara akan menghadapi pemenang laga antara Xu Wen Jing (China) dan Kim Min Ji (Korea Selatan).

Menghadapi partai puncak Mutiara bertekad ingin mengakhiri dengan kemenangan. Tercatat di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2023, Mutiara sudah bermain sebanyak 10 kali beruntun sejak nomor beregu hingga perorangan seperti sekarang.

Untuk itu Mutiara berupaya untuk motivasi diri sendiri untuk bisa menang dan juara. Selain menjaga hal tersebut, Mutiara juga berupaya untuk menjaga fokus agar bisa meraih hasil maksimal pada partai pemungkas turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2023.

“Untuk laga besok saya mencoba menjaga pikiran dan kondisi terlebih dahulu. Saya tidak mau terbebani karena takut permainan terbaik saya tidak keluar,” tutur Mutiara.

“Saya mencoba berusaha semaksimal mungkin untuk laga besok. Saya merasa baik saya maupun lawan juga sama-sama punya beban yang sama untuk menjadi juara,” tambah Mutiara.

Menilik rekor pertemuan jika menghadapi tunggal putri China, Xu Wen Jiang, Mutiara sempat kalah di nomor beregu BNI Badminton Asia Junior Championships 2023 dengan skor cukup telak 12-21, 10-21 dari wakil Negeri Tirai Bambu itu.

Lolosnya Mutiara ke final turnamen yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta ini menjadi kali kedua setelah sebelumnya di ajang Indonesia International Series 2022. Saat itu pada partai puncak Mutiara mengatasi perlawanan rekan satu negaranya, Stephanie Widjaja dengan skor 15-21, 21-10, 22-20 dan menjadi juara di hadapan publik Kota Pelajar. (*)

Leave a Reply