BNI Badminton Asia Junior Championships 2023: Hu Zhe An Tambah Koleksi Gelar China

Yogyakarta, 16 Juli 2023

Pebulutangkis tunggal putra China, Hu Zhe An menjadi juara turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2023. Dalam laga final yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Minggu (16/7) siang, pemain kelahiran 27 Juli 2006 itu menjadi juara seusai menekuk wakil Jepang, Yudai Okimoto lewat pertarungan rubber game dengan skor 13-21, 21-14, 21-14.

Pada pertandingan ini, Hu mengakui bahwa melawan wakil dari Negeri Matahari Terbit tidak selalu mudah. Tercatat sebelum berlaga di partai puncak lawan Yudai, pada perempatfinal Hu juga harus menghadapi wakil Jepang lainnya, Daigo Tanioka.

Pada laga babak 8 besar tersebut, Hu juga meraih kemenangan lewat pertarungan rubber game dengan skor 15-21, 21-15, 21-9.

“Melawan pemain tunggal putra Jepang, selalu tidak mudah. Sebelumnya saya melawan wakil dari Jepang juga merasakan hal yang sama,” kata Hu.

“Saya termotivasi untuk memberikan yang terbaik seusai di nomor beregu China gagal meraih gelar juara. Setelah itu saya termotivasi dan bersemangat untuk meraih gelar juara,” ungkap runner up Dutch Junior International 2023 itu.

Hasil positif di BNI Badminton Asia Junior Championships 2023 membuat Hu Zhe An termotivasi untuk bisa meraih gelar juara yang lebih bergengsi lagi. Wakil dari Negeri Tirai Bambu itu bertekad untuk menjadi yang terbaik pada turnamen BWF World Junior Championships 2023 yang akan berlangsung di Amerika Serikat pada 24 September hingga 8 Oktober mendatang.

“Pada ajang BWF World Junior Championships 2023 nanti, saya punya motivasi lebih mengingat lawan yang akan dihadapi di sana levelnya lebih tinggi dan beragam. Saya mencoba yang terbaik dan punya target untuk menambah terus koleksi medali juara saya,” tambah tunggal putra yang mengidolakan Lin Dan tersebut.

Setelah jadi juara di nomor tunggal putra turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2023, Hu Zhe An juga penyampaikan rasa terima kasih atas sambutan publik Yogyakarta yang demikian ramah menyambut kedatangannya.

Menurut Hu dirinya terkesan saat berlaga di Kota Pelajar sehingga termotivasi untuk memberikan yang terbaik di hadapan publik GOR Amongraga, Yogyakarta.

“Senang rasanya datang ke Yogyakarta. Di sini orang-orang sangat ramah. Saya sangat senang berkunjung ke tempat ini,” pungkas Hu.

Wakil Indonesia Alwi Farhan meraih medali perunggu seusai menjadi semifinalis BNI Badminton Asia Junior Championships. Tunggal putra rangking 97 dunia itu mengisi podium ketiga bersama pebulutangkis China, Wang Zi Jun yang juga menjadi semifinalis.

Alwi sendiri mengaku bersyukur atas raihan tersebut sehingga membuat dirinya termotivasi untuk berprestasi lebih baik lagi. “Pastinya raihan medali perunggu di sini membuat saya bersyukur. Saya harus memotivasi diri saya lebih baik lagi ke depannya,” tambah juara Bangladesh Junior International Series 2021 itu.

Keberhasilan Hu Zhe An menjadi jawara membuat China tercatat sudah mengoleksi dua gelar juara di nomor perorangan turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2023. Sebelum Hu merebut gelar juara, pasangan ganda campuran China, Zhu Yin Jun/Huang Ke Xin juga naik podium tertinggi.

Zhu/Huang jadi juara seusai mengalahkan rekan satu negaranya, Liao Pin Yi/Zhang Jia Han dengan skor 21-19, 21-18. (*)

Leave a Reply