BNI Badminton Asia Junior Championships 2023: Tren Apik Farizi/Joaquin Diikuti Anselmus/Pulung dan Zidane/Kleopas

Yogyakarta, 13 Juli 2023

Tren apik ganda putra Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin terus berlanjut di nomor perorangan turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023.

Setelah tampil gemilang di nomor beregu, pasangan yang memulai debut pada AJC 2023 itu melaju ke babak 16 besar.

Pada babak 32 besar, Farizi/Joaquin melangkah seusai mengalahkan pasangan Sri Lanka, Navendu Perera/Sanuja Rathnayake dengan skor 21-10, 21-5.

Pada pertandingan yang berlangsung di GOR Amongraga, Yogyakarta, Kamis (13/7) ini, Farizi/Joaquin mengaku mencoba beradaptasi lagi dengan kondisi arena pertandingan. Setelah tampil di babak beregu tercatat Farizi/Joaquin kaget dengan lapangan yang banyak hembusan angin.

“Ada perbedaan saat kami main di beregu, dan individu. Kami masih meraba-raba bentuk permainan terbaik kami. Jadi kami melakukan adaptasi pertandingan lagi,” ungkap Joaquin.

Pasangan Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin mengaku sudah move on dari kegagalan di final turnamen beregu BNI Badminton Asia Junior Championships 2023. Keduanya bertekad untuk membalas kegagalan tersebut di nomor perorangan.

“Kami harus move on dari kegagalan kemarin. Kami berdua tidak mau kepikiran terlalu dalam dan mau lebih enjoy dalam bertanding dengan menikmati setiap laga yang kami jalani,” tambah Joaquin.

Dengan hasil ini Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin lolos ke 16 besar dan akan menantang ganda putra China, Chen Yong Rui/Hu Ke Yuan.

Kegemilangan Farizi/Joaquin juga diikuti ganda putra Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan.

Anselmus/Pulung lolos ke 16 besar seusai mengatasi perlawanan unggulan keenam asal Korea Selatan, Lee Jong Min/Park Beom Soo dengan skor 21-17, 21-13.

Juara Dutch Junior International 2023 itu mengaku pada laga ini bermain tanpa beban untuk bisa meraih kemenangan dalam tempo 31 menit.

Hasil positif di babak 32 besar ini diharapkan membuat pasangan Anselmus/Pulung bisa terus melaju di BNI Badminton Asia Junior Championships 2023.

“Menghadapi laga melawan pemain unggulan saya mencoba bermain tanpa beban. Bersyukur permainan terbaik saya keluar di laga ini dan bisa memenangkan pertandingan,” ungkap Anselmus.

Tercatat selain Farizi/Joaquin, dan Anselmus/Pulung, ganda putra Indonesia lainnya yang sudah memastikan diri melangkah ke 16 besar turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2023 ialah Zidane Attauba Efendi/Kleopas Binar Putra Prakoso.

Pasangan Zidane/Kleopas melangkah ke babak selanjutnya seusai mengatasi pasangan India, Divyam Arora/Mayank Rana lewat pertarungan dua gim langsung 21-16, 21-18.

Kegemilangan tiga pasangan tuan rumah tersebut sayang tidak diikuti oleh Dexter Farrell/Wahyu Agung Prasetyo, Michael Owen/Yuke Gamareza Radjasa, dan Muhammad Hafizh Deedat Baryadi/Calvin Valentino Sifen Tan.

Dexter/Wahyu menyerah di tangan wakil China, Ma Shang/Zhu Yi Jun dua gim langsung 16-21, 18-21.

Sementara Owen/Yuke harus mengakui keunggulan ganda putra Jepang, Kazuma Kawano/Shuji Sawada dengan skor identik 16-21, 16-21.

Adapun Hafizh/Calvin bertekuk lutut di hadapan unggulan kedua, Xu Hua Yu/Zhang Le Jian (China) dengan skor identik 12-21, 12-21. (*)

Leave a Reply