BNI Badminton Asia Junior Championships 2023: Ruzana Ikuti Jejak Mutiara, Velisha/Bernadine Juga Terus Melaju

Yogyakarta, 13 Juli 2023

Pebulutangkis tunggal putri Ruzana lolos ke 16 besar turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2023 seusai mengatasi perlawanan wakil Jepang, Ririna Hiramoto.

Dalam laga yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Rabu (13/7), Ruzana menang dua gim langsung melawan tunggal putri asal Negeri Matahari Terbit dengan skor 21-17, 21-19.

Pada pertandingan ini, tunggal putri kelahiran Lubuklinggau, 22 April 2005 itu mengaku masih beradaptasi dengan arena kendati sebelumnya turun di nomor beregu.

Menurut Ruzana kondisi angin yang berhembus berbeda sehingga dia harus lebih sabar dalam menerapkan strategi yang diinginkan.

“Rasanya berbeda dari saat main nomor beregu dengan individu. Saya merasa hembusan angin lebih kencang. Saya sempat kesulitan di gim pertama mengatasi hal tersebut sehingga kontrol bola kurang baik,” aku Ruzana.

“Kemenangan ini membuat saya sudah menemukan cara yang tepat untuk menentukan strategi yang saya inginkan,” ungkap Ruzana.

Dengan hasil ini Ruzana akan berhadapan dengan wakil Malaysia, Ong Xin Yee pada babak 16 besar.

Pada babak sebelumnya unggulan kedelapan asal Negeri Jiran tersebut mengatasi perlawanan wakil Vietnam, Thi Anh Tran dengan skor 18-21, 21-10, 21-17 untuk lolos ke 16 besar.

“Saya tidak mau memberikan tekanan buat diri saya sendiri. Semaksimal mungkin saya mau bermain dengan baik dan memanfaatkan kesempatan yang ada,” tambah Ruzana.

Dengan hasil ini Ruzana mengikuti jejak Mutiara Ayu Puspitasari lolos ke 16 besar. Pada pertandingan sebelumnya juara Indonesia International Series 2022 tersebut mengalahkan wakil China, Pan Hao Yu dengan skor 21-18, 21-16 untuk melangkah ke babak berikutnya.

Sayang langkah apik yang ditorehkan oleh Ruzana dan Mutiara tidak mampu diikuti oleh Chiara Marvella Handoyo, Thalita Ramadhani Wiryawan, dan Azzahra Melani Arjisetya.

Tercatat Chiara tertahan langkahnya seusai menyerah kepada Tomoka Miyazaki (Jepang) dalam pertarungan rubber game 21-9, 13-21, 18-21.

Thalita harus mengubur impiannya di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2023 seusai kalah dari Huang Lin Ran (China), 15-21, 18-21.

Adapun Azzahra harus menelan pil pahit saat menghadapi tunggal putri Malaysia, Siti Zulaikha dan kalah dengan skor 13-21, 19-21.

Pada pertandingan ini tunggal putri kelahiran Madiun, 24 Mei 2005 itu mengaku tidak mampu mengeluarkan permainan terbaiknya sehingga harus menyerah dalam tempo 36 menit.

“Permainan terbaik saya tidak keluar di laga ini. Saya bermain dengan tekanan, terbukti banyak kesalahan yang saya buat. Saya berharap kekalahan ini membuat saya bisa bangkit pada turnamen berikutnya,” pungkas Azzahra.

Dari sektor ganda putri, Velisha Christina/Bernadine Anindya Wardana melangkah ke babak 16 besar. Velisha/Bernadine lolos ke babak berikutnya seusai mengalahkan wakil India, Radhika Sharma/Tanvi Sharma dengan skor 21-14, 21-10. (*)

Leave a Reply