BNI Badminton Asia Junior Championships 2023: Ruzana Tertahan di Partai Ketiga

Yogyakarta, 10 Juli 2023

Pebulutangkis tunggal putri, Ruzana belum mampu memastikan Indonesia melangkah ke semifinal ajang BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023 seusai ditumbangkan wakil India. Dalam laga yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Senin (10/7), pebulutangkis kelahiran 22 Maret 2005 itu menyerah lewat pertarungan rubber game dengan skor 18-21, 21-10, 21-23 dari Rakshitha Sree Santhosh Ramraj.

Pada pertandingan ini Ruzana mengaku kehilangan fokus di gim ketiga. Saat masuk interval gim pemungkas, Ruzana mengakui sudah mulai mengendur permainannya. Puncaknya ialah saat poin kritis, Ruzana kehilangan permainan terbaiknya sehingga harus menyerah dalam tempo 1 jam 9 menit.

“Pertama bersyukur terlebih dahulu menyelesaikan pertandingan tanpa mengalami cedera. Pada awalnya semua berjalan dengan baik, saya kehilangan fokus mulai dari pertengahan gim ketiga. Pada poin-poin kritis saya mulai kehilangan fokus hingga akhirnya tersusul,” ungkap runner up Bangladesh Junior International Series 2021 itu.

Menurut Ruzana permainan Rakshitha Sree Santhosh Ramraj di laga ini lebih lepas. Tidak heran pemain India tersebut bisa menguasai jalannya pertandingan dan mampu memenangkan laga.

“Saya melihat bola serangan lawan lebih untuk. Saya malah lebih banyak membuat kesalahan sendiri,” tambah Ruzana.

Dengan kekalahan ini, Ruzana mencoba memperbaiki kekurangannya khususnya pada masalah fokus pertandingan. Diharapkan dengan adanya evaluasi permainan Ruzana jauh lebih baik ke depannya.

“Saya ingin memperbaiki fokus bermain saya. Sebisa mungkin saya tidak mau banyak membuat kesalahan sendiri. Sedih pastinya gagal menang dan tidak bisa memastikan kemenangan Indonesia di perempatfinal melawan India,” pungkas Ruzana.

Dengan hasil ini India mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2 lawan Indonesia di perempatfinal BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023.

Pada pertandingan ini Indonesia membuka skor lewat ganda campuran Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu. Adrian/Felisha menang dua gim langsung atas Samarveer/Radhika Sharma dengan skor 21-16, 21-15.

Tim berjuluk Merah Putih Muda itu menggandakan kedudukan menjadi 2-0 melalui kapten tim Alwi Farhan. Pada partai kedua tunggal putra rangking 96 dunia itu menang melawan atas Ayush Shetty dengan skor 18-21, 21-15, 21-19.

Indonesia berupaya untuk memastikan diri melangkah ke perempatfinal saat memainkan partai keempat dengan menurunkan ganda putra, Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin. Pasangan Farizi/Joaquin akan berhadapan dengan ganda putra India, Divyam Arora/Mayank Rana.(*)

Leave a Reply