BNI Badminton Asia Junior Championships 2023: Naya/Ara Bawa Indonesia Menang Atas China

Yogyakarta, 9 Juli 2023

Ganda putri Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani memastikan Indonesia menang atas China di fase Grup A ajang BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023. Dengan hasil ini Indonesia unggul 3-1 atas China dan tampil sebagai juara grup.

Dalam laga yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Minggu (9/7), Naya/Ara, sapaan akrab Anisanaya/Zahra, menang dengan skor 17-21, 21-19, 21-12 atas Liao Li Xi/Zhang Wen Xiao.

Pada pertandingan ini Naya/Ara sejatinya tertinggal di gim pertama dari pasangan asal Negeri Tirai Bambu tersebut. Beruntung pada gim kedua dan ketiga Naya/Ara bisa bangkit untuk akhirnya memastikan Indonesia menang melawan China.

“Kami bermain percaya diri di laga ini. Saat kami tidak percaya diri permainan kami sedikit goyang. Jadi kami mencoba percaya diri lagi untuk bisa memenangkan pertandingan,” ungkap Naya.

“Kami mencoba untuk fokus pada setiap poin. Kami hanya bermain lepas di laga ini dengan tidak mau memikirkan hasil,” timpal Ara.

Kemenangan Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani membuat keduanya senang mengingat hasil ini membuat Indonesia menang melawan China. Kemenangan ini juga memastikan diri Indonesia duduk di peringkat pertama Grup A turnamen beregu campuran BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023.

Ke depannya keduanya bertekad ingin tampil lebih baik lagi jika dipercaya untuk turun pada perempatfinal.

“Saya sendiri merasa senang bisa memenangkan pertandingan hari ini. Dari saya pribadi pada laga hari ini hanya ingin bermain mengurangi kesalahan sendiri,” tambah Naya.

“Kami ingin bermain lebih baik lagi dengan mengurangi kesalahan sendiri. Kepercayaan diri kami juga harus ditumbuhkan untuk laga berikutnya,” timpal Ara.

Sebelum Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani menang, tercatat Indonesia membuka keunggulan lewat ganda campuran, Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu. Adrian/Felisha menang rubber game melawan ganda campuran China, Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin dengan skor 21-16, 23-25, 21-10.

China mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 saat tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari menyerah dari wakil Negeri Tirai Bambu, Xu Wen Jing dengan skor 12-21, 10-21.

Beruntung Indonesia mampu berbalik unggul dengan skor 2-1 melalui tunggal putra, Alwi Farhan.

Pebulutangkis rangking 96 dunia itu menang dua gim langsung dengan skor 21-19, 21-11 atas tunggal putra China, Hu Zhen An.

Pada partai kelima Indonesia menurunkan ganda putra, Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin. Farizi/Joaquin itu bertemu Ma Shang/Zhu Yi Jun. (*)

Leave a Reply