BNI Badminton Asia Junior Championships 2023: Alwi Bawa Indonesia Memimpin 2-0 Lawan India

Yogyakarta, 10 Juli 2023

Tunggal putra Alwi Farhan menggandakan keunggulan tim bulutangkis Indonesia melawan India pada perempatfinal ajang BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023. Dalam laga yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Senin (10/7), tunggal putra rangking 96 dunia itu menang atas Ayush Shetty dengan skor 18-21, 21-15, 21-19.

Pada pertandingan ini tunggal putra kelahiran Surakarta, 12 Mei 2005 itu mengaku bahwa sempat kesulitan di gim pertama saat lawan banyak bermain bertahan.

Saat tertinggal di gim pertama, Alwi Farhan mampu tampil apik di gim berikutnya untuk memaksakan pertandingan berjalan rubber game.

Akhirnya kapten tim Indonesia bisa melewati Ayush Shetty di poin-poin kritis lewat smash saat unggul sisi lapangan.

“Saya bermain lebih menyerang di gim pertama sehingga lawan lebih banyak menunggu. Saat kalah angin seharusnya saya bisa mengantisipasi serangan lawan dengan baik. Bersyukur di poin-poin kritis bisa keluar dari tekanan dan memenangkan pertandingan,” ujar runner up Osaka International Challenge 2023.

Meski menang, Alwi Farhan mengaku tidak begitu puas dengan permainannya karena banyak melakukan kesalahan sendiri. Pemain asal Solo itu berharap bisa mengurangi kesalahan yang tidak perlu jika nantinya dipasang kembali pada semifinal.

“Saya tidak begitu puas dengan performa saya hari ini. Banyak yang harus dievaluasi lagi dari saya. Saya sendiri masih sering ragu sehingga bermain lebih hati-hati,” tambah juara Bangladesh Junior International Series 2021.

Kondisi Alwi sendiri sejauh ini tidak ada masalah berarti terutama di bagian paha kirinya. Alwi hanya merasa tegang saat pertandingan sehingga bagian paha kirinya agak keras. Diharapkan kondisi itu bisa segera teratasi untuk menghadapi pertandingan berikutnya.

“Bagian paha kiri saya agak tegang. Saya mengalami hal serupa saat babak fase grup melawan China. Saya merasa hal ini terjadi karena saya mengalami ketegangan sehingga terjadi seperti ini,” pungkas Alwi.

Dengan hasil ini Indonesia untuk sementara unggul 2-0 atas India di perempatfinal BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023.

Tim Merah-Putih Muda di laga ini membuka kemenangan lewat ganda campuran Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu. Pasangan Adrian/Felisha menang dua gim langsung atas Samarveer/Radhika Sharma dengan skor 21-16, 21-15.

Indonesia berpotensi menang di laga ini saat menurunkan tunggal putri Ruzana di pertandingan ketiga. Runner up Bangladesh Junior International Series 2021 itu akan menghadapi tunggal putri India, Rakshitha Sree Santhosh Ramraj. (*)

Leave a Reply