BNI Badminton Asia Junior Championships 2023: Mutiara Bawa Indonesia Menang Lawan Vietnam

Yogyakarta, 8 Juli 2023

Pebulutangkis tunggal putri, Mutiara Ayu Puspitasari membawa Indonesia menang di laga perdana turnamen beregu campuran BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023 seusai menang melawan pemain Vietnam, Ngoc Van Le.

Berlaga di GOR Amongraga, Yogyakarta, Sabtu (8/7), Mutiara menang lewat pertarungan rubber game dengan skor 21-15, 16-21, 21-5 atas Ngoc.

Pada pertandingan ini pemain kelahiran 17 Mei 2006 itu sejatinya mampu mengontrol pertandingan di gim pertama seusai unggul dengan skor 21-15.

Momentum yang dibangun pada gim pertama sayang tidak berlanjut di gim kedua seusai kondisi lapangan yang berangin. Alhasil Mutiara harus mengakui keunggulan tunggal putri asal Negeri Paman Ho dengan skor 16-21.

Beruntung pada gim penentuan, juara Slovenia International 2021 itu mampu bangkit untuk akhirnya menutup laga dengan kemenangan 21-5 dalam tempo 42 menit.

“Gim pertama saya sudah beradaptasi dengan kondisi lapangan. Saat pindah sisi saya mulai kalah angin dan pemain Vietnam juga bermain lebih menekan,” kata Mutiara.

“Beruntung saya bisa menang di gim penentuan dengan sudah lebih mengetahui kebiasaan lawan sehingga hal itu bisa saya antisipasi,” ungkap Mutiara.

Kemenangan Mutiara di laga ini membuat pemain rangking 107 dunia itu menemukan bentuk kepercayaan diri. Kendati harus bermain rubber game, Mutiara berharap tren permainannya meningkat dan lebih baik lagi.

“Senang dan lega rasanya bisa meraih kemenangan di laga ini. Hasil ini membuat saya sudah mengenal kondisi lapangan dan semoga permainan saya di laga berikutnya bisa lebih baik lagi,” tambah juara Indonesia International Series 2022 di Yogyakarta itu.

Pada BNI Badminton Asia Junior Championships 2023, Mutiara Ayu Puspitasari berharap bisa memberikan yang terbaik buat Indonesia.

Dengan persiapan yang lebih matang, Mutiara punya punya tekad besar untuk mempersembahkan gelar di hadapan publik kota Pelajar. Hal tersebut pernah Mutiara lakukan saat tampil di Indonesia International Series 2022 silam.

Saat itu pada partai puncak Mutiara mengatasi perlawanan rekan satu negaranya, Stephanie Widjaja dengan skor 15-21, 21-10, 22-20.

“Saya sendiri merasa bangga bisa menyumbangkan poin buat tim Indonesia. Untuk nomor beregu saya berharap bisa meraih gelar juara,” sebut Mutiara.

“Dari nomor individu saya ingin memberikan pembuktian dan semaksimal mungkin akan berusaha untuk meraih yang terbaik,” pungkas Mutiara.

Dengan hasil ini Indonesia memastikan diri menang melawan Vietnam seusai unggul 3-0 di laga perdana ajang beregu campuran BNI Badminton Asia Junior Championships 2023.

Ganda campuran, Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu membuka perolehan angka tim Indonesia.

Adrian/Felisha membawa Indonesia unggul 1-0 atas Vietnam seusai mampu mengatasi pasangan Vietnam, Van Truong Pham/Bich Phuong Bui straight game 21-15, 21-12.

Tunggal putra Alwi Farhan menggandakan keunggulan dengan skor 2-0 seusai mengalahkan wakil Vietnam, Quoc Khanh Tran dua gim langsung 21-14, 21-17. (*)

Leave a Reply