Kapal Api Group Indonesia Open 2023: Laju Rinov/Pitha Tidak Terhadang

Jakarta, 14 Juni 2023

Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lolos ke babak 16 besar turnamen Kapal Api Group Indonesia Open 2023. Kepastian tersebut didapat peraih medali perunggu SEA Games 2021 itu seusai mengalahkan wakil Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue dengan skor 21-14, 21-15.

Dalam laga yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (14/6), Rinov/Pitha mengaku bersyukur bisa meraih kemenangan di hadapan publik sendiri. Maklum permainan Rinov/Pitha sejauh ini masih belum konsiten sehingga kemenangan di laga ini sangat disyukuri oleh keduanya.

“Bersyukur bisa meraih kemenangan. Kami belajar banyak untuk bisa menang melawan mereka mulai dari bertanya kepada Rehan/Lisa yang sering menang melawan mereka,” ungkap Rinov.

“Senang dan bahagia rasanya bisa menang di pertandingan ini,” timpal Pitha.

Tidak muda di laga ini Rinov/Pitha untuk bisa menang melawan runner up Indonesia Masters 2022 itu. Kondisi angin dan shuttlecock di Istora Senayan cukup mempengaruhi permainan runner up Malaysia Masters 2022 itu buat mengembangkan bentuk permainan terbaiknya.

Terbukti juara Spain Masters 2021 itu butuh waktu sekitar 38 menit untuk bisa menang melawan Thom/Delphine.

“Saat kami kalah angin kami berusaha untuk mengolah permainan supaya bermain lebih nyaman. Saat gim kedua kami bermain lebih hati-hati. Sebisa mungkin kami cepat melakukan improve di lapangan,” tambah Rinov.

Target tinggi dicanangkan runner up Swiss Open 2019 itu pada ajang Kapal Api Group Indonesia Open 2023. Pasangan rangking 15 dunia itu bertekad untuk melangkah sejauh mungkin mengingat perhitungan poin menuju Olimpiade Paris 2024 sudah dilakukan.

“Menuju Olimpiade Paris 2024 kami bersaing dengan pasangan lainnya. Namanya kompetisi kami harus bisa menang dan bersaing dengan pasangan lainnya,” pungkas Rinov.

Kemenangan Rinov/Pitha di laga ini atas Thom/Gicquel menjadi yang kedua dari tiga pertemuan terakhir. Pada perjumpaan terakhir, Rinov/Pitha menyerah dari pasangan ranking tujuh dunia tersebut di babak 32 besar Malaysia Open 2023 dengan skor 18-21, 18-21.

Dengan hasil ini, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lolos 16 besar turnamen BWF Super 1000. Pada laga berikutnya, ganda campuran rangking 15 dunia itu akan menantang pemenang laga antara pasangan Tan Kiang Meng/Lai Pei Jing (Malaysia) vs Gregory Mairs/Jenny Moore (Inggris). (*)

Leave a Reply