Badminton Asia Mixed Team Championships 2023: Inilah Skuad Garuda untuk Menghadapi Thailand

Dubai, 16 Februari 2023

Tim bulutangkis Indonesia siap menurunkan kekuatan terbaik untuk menghadapi Thailand di pertandingan terakhir fase grup pada Kejuaraan Bulutangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship 2023. Keputusan ini diambil untuk memenuhi target awal yaitu menjadi juara grup.

“Yang pasti kami akan menurunkan kekuatan terbaik yang Indonesia miliki. Kita tampilkan semua pemain terkuatnya untuk menghadapi Thailand. Ini agar bisa jadi juara grup,” tegas Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI kepada Tim Humas dan Media PBSI di Dubai, UEA.

Pertandingan terakhir babak penyisihan Grup C ini siap dihelat di Dubai Exhibition Centre, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (16/2) pukul 13.00 waktu setempat. Laga melawan tim Negeri Gajah Putih ini begitu penting. Sebab, siapa yang menang, bakal mengukuhkan dirinya sebagai juara grup.

Tak heran, karena berambisi untuk menjadi pemuncak grup, Skuad Garuda akan menurunkan tim terbaik. Pada laga sebelumnya, baik Indonesia maupun Thailand, masing-masing menang 5-0 atas Lebanon, Suriah, dan Bahrain.

“Dari awal, kami memang memasang target juara grup. Makanya, pertandingan terakhir lawan Thailand harus dimenangkan,” ujar Rionny.

Nama-nama pemain yang diturunkan adalah kekuatan utama Skuad Garuda. Di tunggal putra-putri ada Anthony Sinisuka Ginting dan Gregoria Mariska Tunjung. Untuk ganda putra-putri, dipilih Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Sedangkan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari ditunjuk untuk tampil di ganda campuran.

“Inilah nama-nama pemain yang dipilih untuk tampil menghadapi Thailand. Mereka ini adalah materi terbaik yang kita bawa ke Dubai,” ucap Rionny.

Kecuali Rinov/Pitha, mereka ini sengaja disimpan dan tidak dimainkan saat melawan Bahrain pada Rabu (15/2). Waktu yang ada digunakan untuk persiapan terakhir dan lebih fokus.

Sementara menurut Aryono Miranat, pelatih ganda putra, Fajar/Rian memang sudah dirancang dari Jakarta untuk dimainkan melawan Thailand. “Kondisi mereka juga oke dan siap dimainkan,” ucap Aryono.

Mewakili rekan-rekannya, kapten tim Apriyani Rahayu, menyatakan seluruh rekannya juga sudah siap bertarung. “Saya dan teman-teman siap tempur lawan Thailand,” kata Apriyani. (*)

Susunan Pemain Indonesia lawan Thailand:

Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting
Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung
Ganda Putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Ganda Putri: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.
Ganda Campuran: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Leave a Reply