Jelang Badminton Asia Mixed Team Championships 2023: Indonesia Mulai Cicipi Latihan Perdana di Dubai Exhibition Centre

Dubai, 12 Februari 2023

Kendati hanya sejam, para pemain Indonesia tampak begitu antusias dan semangat berlatih. Skuad Garuda untuk kali pertama bisa mencicipi arena yang bakal menjadi tempat Kejuaraan Bulutangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship 2023.

“Latihan ini untuk mengembalikan kondisi para pemain. Memang cuma sekitar sejam latihannya. Walaupun singkat, latihan ini tetap bermanfaat untuk menjaga kebugaran pemain,” ujar Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI kepada Tim Humas dan Media PBSI di Dubai.

Latihan perdana ini merupakan bagian dari persiapan menghadapi kejuaraan beregu campuran yang bakal dihelat di Dubai Exhibition Centre, Dubai, pada 14-19 Februari 2023. Sebanyak 17 tim, termasuk Indonesia, siap bersaing untuk menjadi yang terbaik di Asia.

Tim Indonesia pada hari Minggu (12/2) pagi mendapat jatah berlatih di main hall dan practice hall. Di arena pertandingan, Anthony Sinisuka Ginting dkk., mendapat kesempatan berlatih di dua lapangan. Sementara di arena pemanasan mendapat jatah tiga lapangan.

Dari pukul 09.00 waktu setempat pemain berlatih. Secara bergantian pemain sesuai sektornya masing-masing, berlatih di arena pertandingan dan di tempat pemanasan.

Di tempat pertandingan yang menyediakan empat lapangan, dua lapangan yang disediakan pada sesi latihan pagi bagi tim Indonesia berada di sisi bagian luar kanan-kiri. Semua pemain bisa bergiliran merasakan latihan di arena pertandingan dan juga latihan di lapangan pemanasan.

Ginting berlatih teknik bersama Chico Aura Dwi Wardoyo. Di tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung menjalani latihan dengan kompatriotnya, Putri Kusuma Wardani.

“Arenanya memang belum semua rampung diseting. Pengatur udaranya pun belum dipasang. Jadi latihan ini baru untuk mengembalikan kondisi saja,” aku Ginting.

Di sektor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saling menjajal kekuatan bareng Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Pun di ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berlatih melawan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto.

“Latihannya oke. Badan saya juga terasa¬† segar. Latihan ini untuk mengembalikan kondisi. Meski sebentar, saya cukup untuk beradaptasi dengan tempat pertandingan,” aku Yeremia.

Pada ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berlatih teknik permainan menghadapi rekannya, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Menurut Rehan, meski hanya sebentar, latihan perdana ini tetap penting. Dirinya bisa berlatih lagi setelah kemarin beristirahat. Latihan ini juga berguna untuk mengembalikan feeling pukulan.

“Lumayan, latihan pagi ini untuk mengenakan pukulan. Juga untuk mengembalikan kondisi setelah kemarin seharian kita istirahat. Rasanya senang bisa berlatih bareng lagi pagi ini,” kata Rehan.

Arena di Dubai Exhibition Centre sendiri memang belum rampung 100 persen. Karpet di luar lapangan bulutangkis juga belum dipasang. Di sana-sini, masih ada pekerja yang menyelesaikan tugasnya. Hanya kursi bagi sekitar 3.000 penonton yang sudah terpasang.

Menurut kepala pelatih ganda putri Eng Hian, lapangan di main hall juga belum sempurna. Kondisinya kurang rata dan pada bagian tertentu terasa bergelombang. “Semoga saja dalam satu-dua hari sebelum pertandingan dimulai, kekurangan ini bisa diperbaiki,” ucap Didi, sapaan karib Eng Hian. (*)

Leave a Reply