Jelang Badminton Asia Mixed Team Championships 2023: Demi Strategi dan Adaptasi, Pemain Siap Dimainkan

Dubai, 13 Februari 2023

Skuad Garuda siap menjalani laga perdana pada Kejuaraan Bulutangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab. Karena harus menjalani dua laga di hari pembuka, tim Indonesia akan merotasi pemain agar semua bisa turun bermain.

Sesuai jadwal Grup C, tim Merah-Putih akan menjalani dua laga pada hari perdana kejuaraan, Selasa (14/2). Di pertandingan pagi jam 09.00 waktu setempat, Fajar Alfian dkk., akan menghadapi Lebanon. Sementara pada petang hari pukul 17.00 bersua Suriah.

“Untuk menghadapi dua laga di hari pertama pertandingan, kami akan menyusun dua tim. Ini untuk menghadapi Lebanon di pagi dan Suriah di petang hari. Kami akan merotasi pemain yang ditampilkan,” kata Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI kepada Tim Humas dan Media PBSI.

Menurut Rionny, langkah ini diambil demi strategi dan adaptasi para pemain dengan Dubai Exhibition Centre, Dubai, yang menjadi arena pertandingan. Kejuaraan beregu campuran Asia yang diikuti 17 negara ini berlangsung pada 14-19 Februari 2023.

“Dengan menurunkan dua tim, pemain bisa beradaptasi dengan arena pertandingan dan juga untuk strategi. Biar semua pemain bisa main dan mendapatkan atmosfer pertandingan,” kata Rionny.

Rionny pun berpesan agar semua pemain mempersiapkan diri dengan bagus. Kendati di atas kertas bisa mengatasi perlawanan Lebanon dan Suriah, para pemain diwanti-wanti untuk jangan sampai meremehkan lawan.

“Persiapan harus bagus. Menjaga makan yang baik, istirahat yang cukup. Dan bersiap untuk bermain bagus. Berusaha mati-matian dan jangan lupa berdoa. Selain itu, harus jaga kondisi,” pesan Rionny.

Soal rotasi, kapten tim Fajar Alfian pun setuju. Ini agar semua pemain bisa tampil dan merasakan dengan atmosfer pertandingan di hari perdana. Mumpung bertemu lawan Lebanon dan Suriah, pemain bisa bergantian tampil.

“Tanpa meremehkan, mumpung bertemu lawan yang di atas kertas bisa diatasi, semua pemain memang sebaiknya dimainkan dulu. Ini agar pemain dapat atmosfer dan adaptasi dengan lapangan. Saya sendiri kalau ditunjuk, tentu harus siap,” ujar Fajar.

Para pemain pun mengaku siap tampil. Pemain tunggal putri, Putri Kusuma Wardani menyebut sangat siap bila dimainkan untuk tampil di hari pertama kejuaraan.

“Kalau dipercaya dimainkan, saya tentu siap. Tidak hanya siap tanding, tetapi sekalian juga siap sumbang poin,” aku Putri KW, usai latihan di arena pertandingan, Senin (13/2) pagi.

Pemain yang lain pun suaranya senada. Pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo pun mengaku siap dimainkan. “Kalau ditunjuk main, saya siap saja. Persiapannya juga bagus,” ujar Chico.

Pemain ganda putri, Lanny Tria Mayasari pun menyebut akan tampil maksimal bila diberi kesempatan turun bertanding bersama Ribka Sugiarto. “Saya juga siap tempur. Saya akan berjuang maksimal bila diberi kepercayaan tampil,” ucap Lanny.

Menurut pelatih ganda campuran Amon Sunaryo, dua pasangan yang dibawa ke Dubai, juga akan bergantian tampil. Baik Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari maupun Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, akan diturunkan di hari pertama.

“Dua pasangan ini akan turun semua. Mungkin Rinov/Pitha yang turun pagi dan gantian Rehan/Lisa yang main sore,” tuturnya. (*)

Jadwal Tim Indonesia pada Badminton Asia Mixed Team Championships 2023

Selasa, 14 Februari
09.00 – Indonesia vs Lebanon
17.00 – Indonesia vs Suriah

Rabu, 15 Februari 2023
09.00 – Indonesia vs Bahrain

Kamis, 16 Februari 2023
13.00 – Indonesia vs Thailand

*) Semua waktu Dubai atau tiga jam lebih lambat dibanding WIB.

Leave a Reply