Jelang Badminton Asia Mixed Team Championships 2023: Demi Jaga Kondisi, Skuad Garuda Diistirahatkan

Dubai, 11 Februari 2023

Setelah menempuh perjalanan sekitar delapan jam dari Jakarta, tim bulutangkis Indonesia mendarat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab, Sabtu (11/2) pukul enam pagi waktu setempat. Meski lelah, para pemain tetap penuh semangat menatap Kejuaraan Bulutangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship 2023.

Tim bulutangkis Indonesia yang dipimpin Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky, meninggalkan Tanah Air dengan maskapai Emirates nomor EK 359 pada Sabtu (11/2) pukul 00.15 WIB menuju Dubai. Skuad Garuda ini akan bertanding dalam kejuaraan yang dihelat di Dubai Exhibition Centre, Dubai, pada 14-19 Februari 2023.

“Kita bersyukur tim bulutangkis Indonesia telah mendarat dengan selamat di Dubai pagi ini. Memang cukup melelahkan, tetapi saya lihat semua pemain dalam kondisi baik dan tetap semangat tinggi,” kata Rionny di Bandara Internasional Dubai, Sabtu (11/2) pagi.

Dalam kejuaraan beregu campuran se Asia itu, Indonesia tergabung di Grup C bersama Thailand, Bahrain, Suriah, dan Lebanon. Kejuaraan ini menggunakan format seperti pada perebutan Piala Sudirman.

Rombongan bulutangkis Merah-Putih langsung disambut Konsul Jenderal RI di Dubai, K. Candra Negara beserta staf. Selain mengucapkan selamat datang di Dubai, Candra juga menyebut akan mendukung penuh perjuangan Anthony Sinusuka Ginting dkk., di tengah lapangan.

“Kami informasikan banyak WNI yang bekerja di sini. Akan kami kerahkan agar mereka bisa datang ke stadion untuk mendukung para pemain bulutangkis yang bertanding,” ucap Candra.

Tak hanya itu. Candra pun sudah meminta agar tim Indonesia bisa mampir ke Gedung KBRI di Abu Dhabi. “Saya berharap, di tengah kesibukan berlatih dan bertanding, tim ini bisa meluangkan waktu sejenak untuk berkunjung ke Gedung KBRI di UEA,” kata Candra.

Setelah harus mengantre cukup panjang di pemeriksaan imigrasi dan kemudian mengambil bagasi, tim bulutangkis akhirnya bisa istirahat di Hotel Rove, Dubai. Dengan bus, dari bandara ke hotel ini perlu waktu 40 menit. Hotel ini hanya sepelemparan batu ke Dubai Exhibition Centre, arena pertandingan.

Melihat kondisi pemain yang belum prima karena banyak yang tidak bisa istirahat selama perjalanan dari Jakarta, diputuskan oleh Rionny bahwa tim bulutangkis lebih baik istirahat penuh di Sabtu (11/2). “Hari ini tidak ada latihan. Saya memilih untuk mengistirahatkan semua pemain. Biar istirahat dulu untuk memulihkan kondisi,” aku Rionny.

Menurut Rionny, setelah pemain bisa rehat penuh hari ini untuk membayar utang kurang tidur, latihan perdana rencananya baru akan dilakoni para pemain pada Minggu (12/2). “Besok, kita baru latihan bersama. Untuk jam dan tempatnya, masih menunggu konfirmasi dari panitia,” tutur Rionny.

Meski tidak ada kewajiban latihan teknik, para pemain tetap juga diberi kebebasan untuk menjalani latihan ringan di sore hari ini. Seperti mau joging atau cukup latihan di pusat kebugaran di hotel.

“Hari ini memang tidak ada latihan teknik. Tetapi kalau ada yang mau berlatih untuk menjaga kebugaran di ruang gym di hotel, silakan saja,” ujar Rionny.

Ditambahkan oleh kepala pelatih tunggal putra, Irwansyah, kepada Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo, dirinya juga setuju agar kedua pemain lebih baik beristirahat saja.

“Hari ini biar pemain full istirahat untuk mengembalikan kondisi. Baru besok mulai latihannya,” tukas Irwansyah. (*)

Leave a Reply