Daihatsu Indonesia Masters 2023: Leo/Daniel Jadi Wakil Ketiga Indonesia di Final

Jakarta, 28 Januari 2023

Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin lolos ke partai final turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2023 seusai mengalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Dalam laga semifinal yang digelar Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (28/1/2023), Leo/Daniel menang rubber game 18-21, 21-17, 21-3 atas Hoki/Kobayashi.

Pada laga ajang berhadiah total 420 ribu dolar AS ini, juara Singapore Open 2022 itu mengaku melakoni laga tidak mudah menghadapi pasangan rangking empat dunia itu. Maklum di gim pertama, peraih medali emas SEA Games 2021 itu takluk dengan skor 18-21 dari Hoki/Kobayashi.

Pada gim kedua, permainan runner up Hylo Open 2021 itu mulai membaik. Mereka pun bisa memaksakan rubber game seusai unggul di pertengahan babak dengan skor 11-9. Selepas jeda, permainan Leo/Daniel semakin di atas angin untuk menutup pertandingan dengan skor 21-17.

Pada gim ketiga, kepercayaan diri pasangan berjuluk The Babies itu meningkat. Terlihat Leo/Daniel bisa unggul jauh meninggalkan juara dunia 2021 itu dengan skor 11-2 di interval gim ketiga.

Seusai jeda, permainan juara Indonesia Masters 2021 itu semakin menurun sehingga membuat Leo/Daniel mampu melaju jauh untuk meraih kemenangan dengan skor 21-3 dan berhak maju ke final.

“Pertama-tama kami bersyukur diberi kelancaran bisa melaju sampai partai final. Kami menghadapi laga yang tidak mudah, pada gim pertama kami kalah,” ujar Daniel.

“Pada gim kedua, lawan terlihat banyak melakukan kesalahan sendiri sehingga membuat permainan mereka tidak begitu percaya diri. Sama seperti gim kedua, pada gim ketiga mereka banyak melakukan kesalahan sendiri,” ungkap Daniel.

Leo/Daniel di laga ini sempat unggul jauh di gim ketiga. Keduanya mengaku melakukan rotasi permainan di lapangan dengan berjalan lancar.

Ditambah dukungan tujuh ribu suporter yang memadati Istora Senayan, Jakarta yang mendukung Leo/Daniel sepanjang laga.

“Lawan mungkin agak tegang karena mendapat sorakan dari publik Istora.¬† Hal itu menjadi¬† keuntungan buat kami dan kami memanfaatkan hal itu,” tambah Daniel.

Permainan Leo/Daniel pada laga ini terlihat lebih percaya diri mengingat tampil di hadapan publik Istora Senayan, Jakarta. Dengan dukungan publik Istora, Leo/Daniel bergelora dan semangat saat meladeni runner up Indonesia Open 2021 tersebut asal Negeri Matahari Terbit.

“Kami selalu evaluasi hasil pertandingan di dua turnamen sebelumnya. Kami ingin memberikan pembuktian bahwa bisa naik kelas sebagai ganda putra Indonesia,” tutur Daniel.

“Kami harus bisa me-manage mau menjadi seperti apa dan memperbaiki kekurangan sebagai bekal untuk bermain di level atas,” tambah Daniel.

Kemenangan Leo/Daniel di laga ini atas Takuro Hoki/Yugo Kobayashi membuat pasangan rangking 17 dunia sukses melakukan revans seusai di pertemuan terakhir pada turnamen Hylo Open 2022 kalah.

Saat itu Leo/Daniel berlaga di babak 16 besar turnamen BWF World Tour Super 500 itu takluk dari Hoki/Kobayashi dengan skor 16-21, 18-21.

Dengan hasil ini, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin melangkah ke partai puncak turnamen BWF World Tour Super 500. Pada partai final, mereka akan berhadapan dengan wakil China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong.

Ganda putra Negeri Tirai Bambu rangking 17 dunia itu melangkah ke partai final seusai meraih kemenangan atas kompatriotnya, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dengan skor 21-14, 21-16

Menghadapi partai puncak, Leo/Daniel mengaku memilih fokus dan tidak memikirkan terlalu jauh. Untuk peluang juara, Leo/Daniel mengaku peluang terbuka untuk semua pasangan. Sekarang keduanya tinggal fokus untuk meraih hasil terbaik pada partai pemungkas.

“Kami akan mengantisipasi permainan China, terlihat lawan punya defense kuat dan serangan bagus. Menghadapi pertandingan besok kami bermain tanpa beban,” kata Daniel.

“Berbicara peluang juara, semuanya punya peluang dan sekarang tinggal memanfaatkan situasinya seperti apa,” pungkas Daniel.

Lolosnya Leo/Daniel ke final Daihatsu Indonesia Masters 2023 membuat tuan rumah meloloskan tiga wakil ke partai final. Selain Leo/Daniel, sektor tunggal putra meloloskan Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Jojo, sapaan akrab Jonatan, melangkah ke partai puncak seusai mengalahkan wakil China, Shi Yu Qi dengan skor 21-13, 15-21, 21-19. Adapun Chico menyusul peraih medali emas Asian Games 2018 itu seusai mengatasi perlawanan wakil Hong Kong, Ng Ka Long Angus lewat permainan 17-21, 27-20, 22-20. (*)

Leave a Reply