India Terbuka 2023: Ginting Rebut Tiket ke Semifinal

New Delhi, 20 Januari 2023

Pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting sukses merebut tiket ke semifinal turnamen bulutangkis India Terbuka 2023. Andalan Indonesia ini maju ke babak empat besar usai mengalahkan Li Shi Feng asal China.

Pada laga perempatfinal turnamen berhadiah total 900 ribu dolar AS yang digelar di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, Jumat (20/1) siang, Ginting harus bertarung tiga gim. Unggulan keenam itu pun akhirnya menang dengan skor 21-11, 17-21, 21-18 dalam durasi 65 menit.

“Puji Tuhan bersyukur bisa menang dan tanpa cedera. Tadi di gim pertama, saya gampang bisa mendapat poin. Bisa mengatasi kendala di lapangan. Tadi itu juga pertandingan yang ketat dan tak mudah. Rasanya senang bisa menang dan saya bisa menerapkan pola permainan seperti yang diharapkan,” kata Ginting kepada Tim Humas dan Media PBSI.

Di gim pertama Ginting memang mampu mengontrol permainan. Neting tipis dan dipadu dengan serangan, kerap menghasilkan angka. Variasi pola permainannya begitu hidup dan selalu mendominasi.

“Saya gembira dengan kemenangan, meski harus bertarung tiga gim. Saya berusaha keras untuk mengalahkan Li,” ujar Ginting.

Pada gim kedua, hingga poin 7  sebenarnya Ginting mampu mengontrol permainan lawan. Setelah itu banyak kesalahan yang dilakukan. Berkali-kali permainan netnya tidak menyeberang ke bidang permainan lawan. Permainannya terasa monoton.

“Gim kedua, permainan saya mungkin terlalu monoton. Lawan rupanya sudah belajar dari kekalahan gim pertama dengan mengubah strategi. Sayangnya, saya masih tetap dengan pola permainan yang sama. Masih monoton. Coba berubah strategi, tetapi saya malah kurang tenang,” tutur Ginting.

Gim ketiga, Ginting masih sering melakukan kesalahan. Permainan netnya kerap diantisipasi lawan. Setelah tertinggal 6-10, Ginting lalu bisa bangkit hingga menyamakan kedudukan 10-10 dan bahkan jadi unggul 11-10 di interval gim ketiga.

Permainan netnya kembali hidup. Variasi serangannya makin kaya. Bahkan dalam satu reli, pukulannya membuat shuttlecock sempat bergulir di net yang mengantarkan jadi unggul 13-10. Serangan Ginting makin tajam, hingga memimpin 16-11.

Lawan sempat mendapat angin. Li dapat tiga angka beruntun hingga kedudukan 16-14. Kontrol yang salah dan buangan bola yang tidak tepat, lawan mendekat hingga skor 17-16. Tetapi dua kali smash silang yang tak tertangkis lawan, membawa Ginting menjauh 19-16. Akhirnya, lewat smash keras dua kali, memastikan Ginting menang dan lolos ke semifinal.

“Gim ketiga, saya kembali terapkan strategi seperti gim pertama. Saya bisa lebih tenang. Variasi serangan juga lebih banyak. Lebih fokus dan tetap menyerang. Juga mengurangi kesalahan sendiri saja,” ujar Ginting..

Selama bertarung, Ginting mendapat tambahan semangat dari penonton yang terus mendukungnya. “Saya seperti main di kandang sendiri dengan dukungan penonton di sini. Saya sangat senang mendsoat dukungan penonton kepada saya. Saya merasa senang di India,” tuturnya.

Dengan kemenangan ini, Ginting merebut tiket ke semifinal. Dia akan bertemu pemenang antara Loh Kean Yew (Singapura) dan Kunlavut Vitidsarn (Thailand).

“Di semifinal besok, saya masih ada tugas yang tidak kalah penting. Saya harus bisa selalu fokus karena pertandingan bakal lebih ketat. Semoga performanya lebih baik dibanding hari ini. Saya pun akan mempelajari bagaimana permainan lawan lewat rekaman video dan diskusi dengan pelatih. Saya akan manfaatkan recovery dulu malam ini,” ucap Ginting. (*)

Leave a Reply