BWF World Tour Finals 2022: Rinov/Pitha Teruskan Langkah ke Empat Besar

Bangkok, 9 Desember 2022

Tidak hanya debut di turnamen bulutangkis bergengsi BWF World Tour Finals 2022, ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melengkapinya dengan lolos ke babak semifinal.

Rinov/Pitha lolos secara dramatis setelah memenangkan laga hidup mati melawan pasangan Perancis Thom Gicquel/Delphine Delrue lewat pertarungan rubber game 14-21, 21-17, 24-22.

Rinov/Pitha memang butuh kemenangan untuk mendampingi Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) yang sudah lebih dahulu lolos. Begitu juga dengan Thom/Delphine.

Tak heran kedua pasangan bermain ngotot dalam laga yang berlangsung di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, hari Jumat (9/12) itu.

Rinov/Pitha sempat berada di ujung tanduk setelah tertinggal 17-20 di gim penentuan. Tetapi semangat pantang menyerah dan keberuntungan membuat mereka berhasil menyamakan kedudukan.

Rinov/Pitha kembali tertinggal dua kali di angka 20-21 dan 21-22 tapi lagi-lagi mereka bisa menyamakan kedudukan. Juara Spain Masters 2021 itupun akhirnya mampu membalikkan keadaan menjadi 24-22.

“Hari ini kita lebih beruntung dari mereka. Secara permainan semua berimbang, semua ngotot dan mereka juga bermain bagus,” kata Rinov setelah pertandingan.

“Kita juga diuntungkan lawan yang banyak service fault,” sambungnya.

Rinov/Pitha mengatakan bahwa pertemuan pertama dengan Thom/Delphine ini membuat mereka harus mempelajari dulu pola permainan. Itu yang membuat Rinov/Pitha agak kesulitan.

“Karena pertemuan pertama jadi masih meraba-raba permainan lawan jadi memang agak kesulitan tadi,” ucap Pitha.

“Saat tertinggal juga tadi kita tidak memikirkan apa-apa, kita hanya tahu pertandingan belum selesai. Tadi sudah selepas mungkin mainnya, yang penting masuk dulu bolanya,” cerita Pitha.

Sudah masuk ke babak empat besar, Rinov/Pitha mengaku senang tapi merasa belum puas. Mereka bertekad kembali tampil maksimal saat bertemu wakil tuan rumah Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai di babak semifinal hari Sabtu (9/12) besok.

“Rasanya luar biasa karena kita dari awal coba main nothing to lose di sini. Bisa ke semifinal pasti senang tapi kita belum puas. Masih ada pertandingan besok dan kita mau maksimal,” tegas Rinov.

“Siapapun lawannya pasti sudah pasti berat jadi kita harus siap. Sekarang saatnya pemulihan yang bagus dan istirahat yang cukup,” pungkas Pitha.

Indonesia meloloskan lima wakil ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2022. Selain Rinov/Pitha, ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie (tunggal putra), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra). (*)

Berikut hasil undian babak semifinal BWF World Tour Finals 2022:

Tunggal Putra
Viktor Axelsen (Denmark) vs Kodai Naraoka (Jepang

Jonatan Christie (Indonesia) vs Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)

Tunggal Putri
Chen Yu Fei (China) vs Akane Yamaguchi (Jepang)

Tai Tzu Ying (Chinese Taipei) vs He Bing Jiao (China)

Ganda Putra
Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China)

Ganda Putri
Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand) vs Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea)

Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China) vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)

Ganda Campuran
Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) vs Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia)

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)

Leave a Reply