Jelang Australia Terbuka 2022: Fokus Latihan, Kendati Hanya untuk Kembalikan Kondisi

Sydney, 13 November 2022

Wajah-wajah penuh semangat dan ceria mewarnai latihan perdana yang dilakoni pebulutangkis Indonesia jelang tampil pada turnamen Australia Terbuka 2022. Kendati latihan hanya ditujukan untuk mengembalikan kondisi, Ribka Sugiarto dkk., tetap berlatih begitu fokus.

Dipimpin manajer tim Herli Djaenudin, para pemain berlatih di Roketto Badminton and Fitness Centre, yang berada di kawasan Lidcombe, sekitar lima menit dengan jalan kaki dari apartemen Quest, tempat atlet menginap selama bertanding di Negeri Kanguru.

“Malam ini kita latihan hanya untuk mengembalikan kondisi setelah para pemain menjalani penerbangan dari Jakarta pada Sabtu malam dan mendarat di Sydney pada Minggu pagi tadi. Meski masih dalam kondisi capek dan belum cukup istirahat, saya meminta pemain tetap fokus berlatih agar terhindar dari cedera,” pesan Herli.

Latihan selama sekitar sejam mulai pukul 19.30 waktu Sydney ini berlangsung penuh semangat. Suasana di arena dengan 21 lapangan berkarpet itu pun begitu gembira. Para pemain bisa melahap porsi latihan yang diberikan pelatih fisik Felix Ary Bayu Marta dengan baik.

Setelah latihan peregangan dan pemanasan, para pemain kemudian melanjutkan dengan menjalani latihan gim. Di sini pemain berlatih dengan ceria dan penuh kegembiraan.

Ribka Sugiarto dan para pemain ganda putri berlatih teknik berupa gim tiga lawan tiga. Pemain tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani pun ikut bergabung.

“Hari ini kami latihan dengan ceria hanya untuk mengembalikan kondisi tubuh agar lebih siap berlatih dan bertanding kembali setelah menempuh perjalanan terbang dari Jakarta ke Sydney. Ini biar otot-otot kita bisa siap lagi,” komentar Ribka, mewakili rekan-rekannya.

“Kami hanya berlatih ringan. Untuk menjaga kondisi saja. Latihan juga berjalan lancar dan gembira saja,” tambah Putri KW.

Sementara dua pasangan ganda campuran, juga berlatih penuh semangat. Amri Syahnawi, Adnan Maulana, Winny Oktavina Kandow, dan Nita Violina Marwah, berlatih dengan berganti-ganti pasangan.

Tim bulutangkis Indonesia yang berkekuatan 16 pemain terbang dari Jakarta pada Minggu (12/11) malam. Setelah menempuh perjalanan sekitar tujuh jam, mendarat di Bandara Internasional Kingsford Smith Sydney pada Minggu (13/11) pukul 06.10 pagi waktu setempat.

Turnamen level BWF World Tour Super 300 ini akan bergulir tanggal 15-20 November di Quay Centre, yang berada di Sydney Olympic Park Sports Centre, Sydney. (*)

Leave a Reply