KB Financial Group Indonesia Masters 2022: Langkah Tiga Wakil Tunggal Putri Tertahan

Malang, 18 Oktober 2022

Pemain tunggal putri tuan rumah, Ruzana gagal melangkah ke babak utama turnamen bulutangkis KB Financial Group Indonesia Masters 2022. Hasil tidak menggembirakan di turnamen BWF World Tour Super 100 diikuti rekannya Kyla Legiana Agatha dan Saifi Rizka Nurhidayah yang juga gagal melangkah ke fase 32 besar.

Ruzana gagal merebut tiket ke babak utama turnamen berhadiah total 81 ribu dolar AS tersebut seusai kalah dari wakil China, Chen Lu. Berlaga di Platinum Arena, Malang, Jawa Timur, Selasa (18/10), Ruzana menyerah dengan skor 16-21, 18-21.

Pada laga ini, wakil tuan rumah itu mengaku kehilangan fokus di tengah pertandingan. Hal itu menjadi faktor terbesar yang membuat dirinya takluk dua gim langsung dari wakil Negeri Tirai Bambu tersebut.

“Saya kehilangan fokus di tengah pertandingan. Semua yang sudah saya siapkan tidak begitu baik di laga ini karena hal itu,” kata Ruzana kepada Tim Humas dan Media PBSI.

“Saya tidak mau terlarut dan ingin terus memberikan yang terbaik saat diberikan kesempatan tampil,” ungkap tunggal putri kelahiran 22 Maret 2005 itu.

Pada babak pertama kualifikasi sejatinya runner up Bangladesh Junior International Series 2021 itu tampil apik dengan mengalahkan wakil tuan rumah lainnya, Chiara Marvell Handoyo dengan skor telak 21-6, 21-7.

Sayang torehan positif pemain tunggal putri rangking 220 dunia itu di babak pertama kualifikasi gagal diteruskan. Di babak kedua kualifikasi, Ruzana dikalahkan Chen Lu.

Dengan hasil tersebut, Ruzana menyusul beberapa rekannyayang tampil di babak kualifikasi seperti Kyla Legiana Agatha, hingga Saifi Rizka Nurhidayah yang juga gagal melangkah ke fase 32 besar.

Agatha dan Saifi takluk di babak kualifikasi kedua dari lawan-lawannya. Dalam laga ini, Agatha kalah di tangan tunggal putri Korea Selatan, Joo Eun Kim dengan skor 12-21, 8-21. Adapun Saifi ditaklukkan wakil China, Gao Fang Jie straight game 7-21, 9-21.

Kekalahan ketiga wakil tuan rumah ini membuat mereka gagal menyusul beberapa rekannya, seperti Bilqis Prasista, Aisyah Sativa Fatetani, Stephanie Widjaja, Komang Ayu Cahya Dewi hingga Putri Kusuma Wardani yang sudah lolos otomatis ke fase 32 besar turnamen KB Financial Group Indonesia Masters Super 100 ini. (*)

Leave a Reply