Mansion Sports Malang Indonesia International Challenge 2022: Bobby Bikin Kejutan di Partai Pembuka

Malang, 11 Oktober 2022
Bobby Setiabudi sukses membuat kejutan di laga pembuka. Pebulutangkis tunggal putra andalan tuan rumah ini berhasil menyingkirkan unggulan pertama, Koki Watanabe asal Jepang pada babak pertama turnamen bulutangkis Mansion Sport Malang Indonesia International Challenge 2022.

Bertarung di Platinum Arena, Malang, Jawa Timur, Selasa (11/10), Bobby bermain lebih taktis. Mengawali laga babak 64 besar, penggawa Pelatnas Cipayung ini terus mampu mengontrol jalannya pertandingan. Bobby pun akhirnya menang 21-19, 21-19.

Menurut Bobby, dirinya tampil di partai pembuka turnamen berhadiah total 15 ribu dolar AS tersebut layaknya melakoni partai final. Dia begitu fokus dan mengandalkan keyakinan untuk bisa menekuk Watanabe.

“Saya tampil percaya diri saja dan tidak melihat lawan adalah unggulan pertama yang memiliki rangking dunia lebih tinggi. Saya pun malah bisa bermain lepas dan lebih berani adu teknik pukulan saja di lapangan,” aku Bobby kepada Tim Humas dan Media PBSI.

Kemenangan juga dipetik rekan-rekannya. Syabda Perkasa Belawa dan Tegar Sulistio pun meraih hasil positif. Meskipun harus bertarung sengit, terutama di gim ketiga, Syabda akhirnya melaju ke babak 32. Dia memang harus memerah keringat lebih banyak usai menang tiga gim, 21-8, 7-21, 21-19 atas Mark Shelly Alcala asal Amerika Serikat.

“Tadi memang¬† partai yang tidak mudah, terutama di gim ketiga. Ini pertandingan pertama saya, adaptasi dengan kondisi lapangan juga belum optimal. Selain itu faktor posisi lapangan pun berpengaruh besar terhadap permainan,” sebut Syabda.

Sementara Tegar juga sukses melaju ke babak kedua setelah mengatasi perlawanan Ma Cheng-Yi asal Chinese Taipei. Lewat rubber game, Tegar akhirnya menang dengan 21-7, 19-21, 21-15.

Sayang kemenangan tersebut tidak diikuti oleh rekannya yang lain. Pemain Pelatnas Cipayung, Yohanes Saut Marcellyno gagal di babak pertama. Dia dikalahkan wakil Malaysia, Ong Ken Yong,  14-21, 11-21.

Menurut Direktur Turnamen, Mimi Irawan, sebagai bentuk empati dan tanda duka cita terhadap tragedi penonton sepakbola yang meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan, Malang,1 Oktober silam, sebelum dimulai kejuaraan Mansion Sport Malang Indonesia International Challenge 2022 pada Selasa (11/10) pagi, digelar pula acara hening sejenak dan doa untuk para korban.

“Hening cipta dan berdoa sebelum turnamen dimulai ini merupakan bentuk empati dan ikut berduka cita dari keluarga besar bulutangkis kepada para korban tragedi Stadion Kanjuruhan lalu,” sebut Mimi.

Kejuaraan ini diikuti 238 pemain dari 13 negara. Hari ini dipertandingkan babak 64 besar kelompok tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putra. (*)

Leave a Reply