Kejuaraan Dunia 2022: Tiga Ganda Campuran Masih Sempurna

Tokyo, 23 Agustus 2022

Tiga ganda campuran Indonesia yang berlaga di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 masih melaju mulus.

Dalam pertandingan pada Selasa (23/8), Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela sukses menaklukkan lawan-lawannya. Perbedaannya, Zacha/Bela bertarung untuk babak 32 besar, sementara dua rekannya sudah lolos ke babak 16 besar.

Berlaga di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, Zacha/Bela membuka kemenangan atas wakil Denmark, Mikel Mikkelsen/Rikke Søby dengan sengit 21-17, 16-21, 22-20.

“Di gim pertama kita sudah enak mainnya karena kondisi sisi lapangan juga mendukung, kita bisa main lepas. Di gim kedua kita balik tertekan karena lawan mengubah pola. Gim ketiga pelatih bilang kita berjuang saja, tidak perlu berpikir pola dulu. Paling memperecpat tempo saja,” tutur Zacha.

“Selama tertinggal poin itu kita tidak sadar sebenarnya mereka mengubah pola. Ketika diingatkan pelatih baru di situ kita coba mengubah main lebih cepat. Sekaligus coba mengontrol biar tidak terlalu terburu-buru,” sambung Bela.

Zacha/Bela sempat berada di ujung tanduk usai selalu tertinggal di gim ketiga. Beruntung dengan ketenangannya, mereka mampu membalikkan keadaan dan meraih kemenangan.

“Di poin-poin akhir, kita lebih banyak komunikasi saja, mengingatkan dan menyemangati satu sama lain. Selama belum gim, pertandingan belum selesai,” ungkap Zacha.

Di babak 32 besar, Zacha/Bela akan ditantang pasangan Robin Tabeling/Selena Piek asal Belanda.

“Kita mau analisa penampilan hari ini, kekurangan kita harus diperbaiki. Kecepatan dan fokus penting untuk ditambah karena besok lawannya kan dari Eropa yang juga cepat,” sahut Zacha.

Kemenangan Zacha/Bela, diikuti Rinov/Pitha. Rinov/Pitha yang mendapat bye di babak 64 besar, mampu mengatasi perlawanan ganda campuran Chinese Taipei, Lee Yang/Yang Ching Tun 21-15, 19-21, 21-8.

“Karena ini pertandingan pertama, di tempat ini juga pertama, jadi kita masih beradaptasi. Di gim pertama kita bisa mengatasi itu dan menang tapi di gim kedua perubahan sisi lapangan membuat kita kurang nyaman dan agak lengah, sisi itu agak berangin. Di gim ketiga alhamdulillah bisa balikin keadaan dan mengontrol kembali permainan,” jelas Pitha.

“Di gim kedua itu kita kurang fokus dan lebih banyak melakukan kesalahan sendiri. Ini yang harus terus diperbaiki ke depannya,” tambah Rinov.

Di babak 16 besar, Rinov/Pitha akan menghadapi jalan terjal. Mereka sudah ditunggu peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping asal China.

“Tidak ada yang tidak mungkin. Kita juga sudah latihan keras. Lusa kita harus bisa mengeluarkan yang maksimal, apapun hasilnya berjuang dulu sampai titik darah penghabisan,” tekad Rinov.

Penampilan luar biasa juga ditunjukkan Rehan/Lisa. Mereka membungkam unggulan 16 Chang Tak Ching/Ng Wing Yung asal Hong Kong China. Rehan/Lisa menang dua gim langsung 21-14, 21-15.

“Hari ini saya dan Lisa menerapkan permainan seperti kemarin. Bagaimana caranya agar in dulu mainnya, lalu menyerang dan terus menekan dan agresif agar lawan tidak bisa berkembang. Itu jadi kunci kemenangan kita hari ini,” ucap Rehan.

Dengan kemenangan ini, Rehan/Lisa mengungguli rekor pertemuan menjadi 2-1. Di pertemuan terakhir, pasangan Indonesia menang dengan rubber gim 23-21, 8-21, 21-18 di babak pertama Malaysia Open 2022.

“Ini pertemuan ketiga kita dengan mereka. Perbedaannya hari ini kita bisa batasi gerak mereka sih. Seperti tadi saya bilang tidak memberikan kesempatan lawan berkembang karena mereka pasangan yang bagus. Berbahaya juga kalau sampai lengah dan mereka bangkit,” tutur Rehan.

“Alhamdulillah senang bisa menang hari ini tapi belum puas. Di pertandingan selanjutnya harus lebih maksimal dan kurangi kesalahan-kesalahan sendiri. Lawan siapapun harus ngotot,” kata Rehan yang bersama Lisa akan menghadapi pasangan Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung. (*)

Leave a Reply