Piala Presiden 2022: Meski Kalah, Agatha Bangga Mewakili Papua

Jakarta, 2 Agustus 2022

Meskipun langkahnya tertahan di babak kedua nomor tunggal putri kelompok U-15, Agatha Gracia Rompas tetap puas. Pemain yang membela Provinsi Papua ini menyebut banyak mendapatkan pelajaran ketika tampil di kejuaraan bulutangkis memperebutkan Piala Presiden 2022.

Bertanding di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta, Selasa (2/8) siang, Agatha kalah di tangan Mayla Cahya Afilian Pratiwi asal Jawa Barat dengan skor 16-21, 13-21. Sehari sebelumnya, pemain kelahiran Jayapura, 31 Mei 2008 ini menang atas Charlene Kho Beverly Runtuwene asal Sulawesi Utara dengan 21-15, 21-13.

“Meski kalah, saya tetap puas dan senang. Saya bangga mewakili Papua dan bisa main di kejuaraan besar seperti Piala Presiden ini. Maklum, di Jayapura, jumlah pertandingannya terbatas,” aku pemain asal klub Cendrawasih, Jayapura ini.

Menurut pelajar SMP Negeri 2 Abepura ini, banyak pelajaran yang bisa dipetik. Dirinya bisa merasakan pengalaman bertanding di arena yang besar dengan lampu yang terang. Juga lawan-lawan yang datang dari berbagai penjuru di Tanah Air.

“Saya bisa mengambil banyak pengalaman dan mengasah mental bertanding. Senang pokoknya bisa main di kejuaraan ini. Saya juga bisa bertemu dengan pemain-pemain dari daerah lain,” ujar putri tunggal pasangan Jefrey Rompas dan Yenny Lumanauw ini.

Diceritakan Agatha, karena ingin berprestasi di kancah bulutangkis, setahun terakhir ini dia berlatih di klub Jaya Raya di Ragunan. “Kalau saya cuma berlatih di Jayapura yang semuanya terbatas, kemampuan saya juga kurang terasah. Makanya, saya beranikan diri berlatih di Jakarta, kendati harus berpisah dengan orangtua,” sebut Agatha.

Untuk mewakili Papua di ajang Piala Presiden 2022, Agatha juga wajib menjalani seleksi yang berlangsung di Sentani, pertengahan Juli silam. Hasilnya, dia menjadi yang terbaik di KU-15 dan dikirim Papua ke kejuaraan bergengsi ini.

“Rasanya bangga bisa mewakili Papua di Piala Presiden ini. Setelah kalah, saya harus berlatih lebih keras lagi. Saya ingin menjadi juara di pentas bulutangkis,” ujar pemain yang mengidolakan Susy Susanti ini. (*)

Leave a Reply