Singapore Open 2022: Tidak Mudah Hendra/Ahsan Lolos ke Semifinal

Singapura, 15 Juli 2022

Tidak mudah buat Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan untuk merebut tiket ke semifinal ajang bulutangkis Singapore Open 2022. Perlu perjuangan keras dan mentalitas juara untuk lolos ke babak empat besar turnamen BWF World Tour Super 500 ini.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Jumat (15/7), wakil Indonesia itu harus bertarung tiga gim. Lewat laga seru selama 49 menit, pasangan berjulukan The Daddies itu akhirnya sukses mengalahkan MP Arjun/Dhruv Kapila asal India dengan skor 10-21, 21-18, 21-17.

“Memang tidak gampang melawan pasangan India ini. Sebelum-sebelumnya juga selalu ketat dan sengit,” komentar Hendra kepada Tim Humas dan Media PP PBSI.

“Pasangan India ini juga bagus. Pola permainannya cocok dengan pola kita. Dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya juga selalu ramai. Kami pun sempat kewalahan,” tambah Ahsan.

Sengitnya perlawanan Arjun/Kapila bisa dilihat di gim pertama. Mereka bisa merebut kemenangan dengan 21-10.

” Di gim pertama, lawan lebih mengontrol permainan. Pukulan-pukulannya juga bagus dan halus. Penempatan bolanya juga kerap merepotkan kami,” ujar Hendra.

“Di awal gim, pola permainan kita terbawa lawan. Bola-bola lawan selalu tidak enak dan menyulitkan kami. Kita jadi malah tidak enak dan akhirnya tidak berkembang dan banyak mati sendiri,” sebut Ahsan.

Untunglah, dengan berbekal pengalaman dan mentalitas juara, pasangan berjulukan The Daddies ini bisa bangkit dan memenangi dua gim berikutnya yang mengantarkan mereka merebut tiket ke semifinal. Mereka juga gantian memegang kendali permainan.

“Di gim kedua, syukur kita bisa bangkit dan gantian memegang kendali permainan. Pada poin-poin kritis, kami bisa ambil. Kami lebih memiliki kematangan pengalaman,” tutur Hendra.

Selain itu, di gim ketiga, pukulan lawan sudah tidak seakurat seperti di gim-gim awal. “Dari awal gim ketiga langsung kita grebeg duluan. Dengan lebih memegang kendali permainan, akhirnya kami berhasil dan maju ke semifinal,” sebut Hendra.

Sementara menurtut Ahsan, kunci kemenangan yang membawa pasangan unggulan kedua itu melaju ke semifinal, semuanya tergantung kepada mereka sendiri.

“Semuanya tergantung pada diri kami sendiri. Kita memperbaiki sisi pertahanan dan juga lebih menyerang. Selain itu, berusaha mengurangi sebanyak mungkin kesalahan sendiri,” tukas Ahsan

Di semifinal yang digelar Sabtu (16/7), Hendra/Ahsan bakal ditantang juniornya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Pasangan berjulukan The Babbies ini ke semifinal setelah menang 21-14, 17-21, 21-11 atas He Ji Ting/Zhou Hao Dong asal China. (*)

Leave a Reply