Singapore Open 2022: Fajar/Rian Terus Berada di Jalur Juara

Singapura, 13 Juli 2022

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terus berada pada jalur juara turnamen bulutangkis Singapura Terbuka 2022. Harapan tersebut dimulai dengan keberhasilan mereka memenangi babak pembuka atas Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi asal China.

Dalam laga yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Singapura, Rabu (13/7), Fajar/Rian kembali menunjukkan konsistensinya. Hanya dalam waktu 31 menit, pasangan juara East Ventures Indonesia Open 2022 itu disingkirkan dengan 21-18, 21-15.

“Alhamdulillah bisa bermain lancar dan diberi kemenangan. Kuncinya fokus di permainan depan net dan lebih siap di service dan pembukaan servicenya,” kata Rian kepada Tim Humas dan Media PP PBSI.

Selain itu, mengetahui lawan memiliki power yang demian besar, strategi Fajar/Rian dalam pertandingan babak pertama turnamen berhadiah total 370 ribu dolar AS tersebut adalah bermain no lob.

“Kita tidak terlalu banyak mengangkat shuttlecock. Jadi kita lebih banyak menurunkan shuttlecock. Lebih fokus di permainan depan net, karena melihat shuttlecock dan lapangan juga berangin,” tambah Rian.

Dengan kemenangan itu, di babak kedua, juara Malaysia Masters 2022 itu akan ditantang wakil China yang lain, Ren Xiang Yu/Tan Qiang. “Besok di babak kedua lawan China, harus lebih menyiapkan di segi fokus dan stamina. Juga akan ngobrol sama pelatih dulu bagaimana cara atau strategi menghadapi lawan besok,” ujar Rian lagi.

Sementara itu, setelah meraih gelar juara All England 2022, performa Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri belum juga menggembirakan. Mereka terhenti di babak pertama oleh seniornya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dengan skor 17-21, 15-21 dalam durasi 25 menit.

“Alhamdulillah bisa menang. Kuncinya di service dan pegang permainan depan saja,” komentar Ahsan.

“Ya kita sebenarnya lagi proses, lagi diuji. Tetapi kita tidak sampai di sini saja, karena apa yang kita sudah pernah gapai dengan menjadi juara All England. Kita pun tentu mau bangkit lagi,” kata Bagas.

“Dan juga kan karakter pemain itu berbeda-beda. Ada yang konsisten, ada juga yang tidak. Pokoknya kita akan tetap berusaha agar bisa bangkit,” tambah Bagas.

Di babak kedua, Hendra/Ahsan bakal ditantang wakil Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee. Satu wakil Indonesia yang juga melaju ke babak kedua adalah pasangan profesional, Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani yang menang atas wakil tuan rumah, Jun Liang Andy Kwek/Guang Liang Jason Wong, 21-15, 21-18. (*)

Leave a Reply