East Ventures Indonesia Open 2022: Tren Positif Fajar/Rian Akhirnya Terhenti

Jakarta, 17 Juni 2022

Indonesia tanpa wakil di babak semifinal turnamen bulutangkis East Ventures Indonesia Open 2022 seusai Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dikalahkan wakil China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Tren positif juara Swiss Open 2022 ini pun terhenti.

Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6) malam, Fajar/Rian tersungkur di tangan pasangan Negeri Tirai Bambu dengan skor identik 18-21, 18-21.

Selepas pertandingan, pasangan andalan tuan rumah itu mengaku sudah melakukan yang terbaik untuk meraih tiket babak empat besar turnamen BWF level super 1000 itu.

Sayang usaha yang dilakukan Fajar/Rian harus tertahan oleh pasangan rangking 75 dunia itu.

“Saya meminta maaf belum bisa memberikan yang terbaik untuk masuk ke babak selanjutnya. Lawan bermain sangat baik dengan punya kekuatan luar biasa sepanjang laga,” ungkap Fajar.

Fajar/Rian selain mengakui permainan runner up Korea Masters 2022 itu sangat tangguh dan fokusnya terjaga sepanjang laga.

Tidak heran peraih medali perak Asian Games 2018 terlihat kesulitan menahan setiap serangan yang dilancarkan Liu/Ou.

“Mereka sangat baik mulai dari serve hingga permainan rally. Kami kurang bisa mengimbangi permainan mereka yang punya power kuat,” tambah Fajar.

Selepas ini, juara Indonesia Masters 2022 itu akan melakukan pemulihan terlebih dahulu sebelum menjalani tur Asia ke negara Malaysia, Singapura, dan Chinese Taipei.

Dengan persiapan yang lebih matang, pasangan rangking enam dunia tersebut diharapkan bisa mengembalikan tren positifnya yang dalam empat turnamen terakhir dengan mampu melaju hingga babak final.

“Setelah ini mau recovery dulu, mengingat ada Malaysia Open dan saya harus mempersiapkan tenaga dan kekuatan lagi. Tidak bisa dipungkiri turnamen beruntun ini membuat saya kelelahan dan semoga cepat pulih kembali,” tambah Fajar, pemain bertinggi badan 177 cm itu.

Dengan kekalahan ini, Fajar/Rian gagal mengulangi prestasi sebelumnya di Badminton Asia Championships 2022 yang sukses mengalahkan Liu/Ou di babak perempatfinal dengan skor 21-19, 18-21, 21-19.

Adapun untuk Liu/Ou berhak melaju ke babak semifinal untuk menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia).

Wakil asal Negeri Jiran itu melangkah ke babak empat besar seusai mengalahkan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Rambitan lewat pertarungan rubber game 14-21, 21-12, 22-20.

Dua wakil Indonesia sebelumnya yang gagal ke babak semifinal di antaranya ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang harus mengakui keunggulan ganda putri Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan.

Peraih medali emas SEA Games 2021 gagal ke babak semifinal seusai kalah dari pasangan rangking dua dunia itu dengan skor 14-21, 19-21.

Adapun satu wakil lain Indonesia yang tersingkir ialah Anthony Sinisuka Ginting.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu takluk seusai kalah dari wakil Denmark, Viktor Axelsen dengan skor 13-21, 21-19, 9-21. (*)

Leave a Reply