Daihatsu Indonesia Masters 2022: Chen Yu Fei Rebut Titel Juara untuk Kali Pertama

Jakarta 12 Juni 2022

Pemain tunggal putri China, Chen Yu Fei untuk kali pertama meraih gelar juara turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2022. Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (12/6) sore, Chen menang rubber game dengan skor 21-16, 18-21, 21-15 dalam tempo 1 jam 14 menit.

Pada gim pertama peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu tanpa kesulitan berarti menang atas pebulutangkis rangking delapan dunia tersebut.

Sayang di gim kedua, pemain kelahiran 1 Maret 1998 itu banyak melakukan kesalahan, sehingga menelan kekalahan.

Pada laga ini, permainan Ratchanok terlihat lebih sabar dan tidak terburu-buru. Hal itu ternyata menyulitkan Chen Yu Fei pada awalnya untuk mengembangkan permainan.

“Pertandingan hari ini sangat berbeda, Ratchanok tidak seperti biasanya bermain sabar. Justru saya malah terburu-buru dalam menyelesaikan pertandingan,” ungkap Chen.

Beruntung dengan mental bertanding yang sangat baik, pemain rangking dua dunia itu mampu mengatasi perlawanan ratu bulutangkis Negeri Gajah Putih.

“Saya bermain sabar dan tidak panik, hal itu sangat berpengaruh ke mental bertanding saya untuk saya hari ini,” tambah Chen.

Dari pihak lawan, yakni Ratchanok mengaku kehilangan fokus di gim terakhir saat melawan Chen.

Pebulutangkis juara Daihatsu Indonesia Masters 2020 itu mengakui lawannya hari ini lebih tangguh. Terlebih kondisi fisiknya juga belum kembali selepas semalam harus menghadapi partai sulit melawan wakil China lainnya, Han Yue dengan skor 13-21, 21-14, 21-18.

“Jujur kondisi fisik saya menurun, terlebih saat bertanding pada laga sebelumnya menguras tenaga. Selepas ini saya mau recovery dan fokus di Indonesia Open 2022,” imbuh Intanon.

Dengan kemenangan ini, Chen Yu Fei untuk kali pertama menjadi juara turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2022.

Raihan ini terbilang positif mengingat proses yang diraih unggulan pertama turnamen BWF level super 500 itu sangat mulus.

Pada babak awal, Chen mengalahkan rekan satu negaranya, Wang Zhi Yi dua gim langsung dengan skor 21-13, 21-18.

Selanjutnya tanpa ampun pebulutangkis Amerika Serikat, Beiwen Zhang dikalahkan 21-10, 21-19, dan Busanan Ongbamrungphan (Thailand) 21-11, 21-15.

Pada babak semifinal, rekan satu negaranya, He Bing Jiao juga disikat dalam dua gim langsung dengan skor 21-17, 21-14.

Adapun untuk Ratchanok Intanon, kekalahan di final Daihatsu Indonesia Masters 2022 mengulang prestasi serupa saat menjadi runner up pada kejuaraan yang digelar di Bali tahun lalu. (*)

Leave a Reply