Daihatsu Indonesia Masters 2022: Kepercayaan Diri Turut Menggangu Rinov/Pitha

Jakarta 10 Juni 2022

Pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus mengubur impian tampil di babak semifinal turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2022.

Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta (10/6) siang, Rinov/Pitha kalah dua gim langsung dari wakil Thailand, Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran dengan skor 13-21, 14-21 hanya dalam waktu 34 menit.

Pada pertandingan ini, Rinov tidak dalam kondisi fit mengingat beberapa hari mengalami masalah di bagian pencernaan.

Tidak heran performa pemain kelahiran 12 November 1999 itu kurang begitu apik di laga melawan ganda campuran Negeri Gajah Putih.

Menurunnya performa Rinov juga dibarengi kurang percaya dirinya seorang Pitha Haningtyas Mentari.

Dalam laga ini, Mentari melakukan banyak kesalahan di serve yang membuat pemain bertinggi badan 160 cm tersebut kurang percaya diri.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh pelatih ganda putra Indonesia Nova Widianto selepas laga.

Mantan pasangan ganda campuran dengan Liliyana Natsir itu ke depannya berharap pasangan Rinov/Pitha bisa memperbaiki performanya.

“Rinov/Pitha memulai laga kurang baik dengan melakukan banyak kesalahan terutama di bagian serve,” kata Nova

“Hal itu membuat permainan menjadi kurang percaya diri ditambah dengan lawan punya power smash yang cukup kencang,” ungkap Nova.

Senada dengan Nova, Pitha mengakui bahwa pasangan ranking 19 dunia asal Thailand punya kualitas permainan yang luar biasa.

Perbedaan tenaga dan cara bermain membuat pasangan peraih medali perunggu SEA Games 2021 itu tersisih di babak delapan besar.

“Pada pertandingan ini, kami berdua tidak diberikan kesempatan untuk menyerang. Tenaga mereka luar biasa dan punya kecepatan yang luar biasa,” tambah pemain kelahiran 1 Juli 1999 yang akrab dipanggil Tari ini.

Kemenangan yang diraih Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran membuat keduanya telah menggenggam tiket babak semifinal.

Pada babak empat besar, pasangan Juara Nepal International Challenge 2019 itu akan berhadapan dengan wakil Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Pasangan Gicquel/Delrue melangkah ke babak semifinal seusai mengalahkan ganda campuran Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet dengan skor 20-22, 21-5, 21-15

Dengan kegagalan Rinov/Pitha membuat perjuangan sektor ganda campuran Indonesia pada ajang BWF level super 500 itu selesai.

Sebelumnya, wakil Indonesia lain yang gagal melangkah ke babak berikutnya yakni Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti serta Hafiz Faizal/Serena Kani.

Rehan/Lisa harus angkat koper seusai ditumbangkan Wang Yu Lyu/Huang Dong Ping (China) dengan skor 18-21, 9-21.

Adnan/Mychelle tertahan langkahnya di babak pertama seusai Mychelle Crhystine Bandaso mengalami cedera pinggang dan mundur.

Sementara itu, pasangan Hafiz/Serena tersisih di tangan Reddy B Sumeeth/Ashwini Ponnappa (India) dengan skor 15-21, 14-21.

Adapun Praveen/Melati tersisih dari babak 16 besar Indonesia Masters 2022 dari Rinov/Pitha dengan skor identik 16-21, 16-21. (*)

Leave a Reply