SEA Games 2021: Adnan/Mychelle Mulus, Rinov/Pitha Harus Kerja Keras

Bac Giang, 19 Mei 2022

Pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus bekerja keras untuk mengamankan satu tiket babak perempat final ajang bulutangkis SEA Games Vietnam 2021. Pasangan ini dipaksa bermain tiga gim oleh wakil Filipina, Alvin Morada/Thea Marie Pomar dengan skor 21-15, 19-21, 21-15.

Dalam pertandingan babak 16 besar yang digelar di Bac Giang Gymnasium, Kamis (19/5), Rinov/Pitha memang mengakui lawannya punya kualitas cukup baik.

“Dari awal memang kita sudah antisipasi karena memang pasangan Filipina ini lumayan bagus mainnya,” tukas Rinov.

“Di gim kedua itu kita agak menurunkan tempo. Setelah unggul lalu disamakan dan berbalik, kita jadi kurang lepas mainnya. Padahal kalau main normal harusnya bisa mengimbangi dan tidak harus bermain rubber,” sambung Pitha.

Rinov/Pitha yang menempati unggulan pertama mengatakan tidak ada beban untuk menjalani laga di SEA Games kali ini.

“Untuk besok yang pasti fokusnya harus ditingkatkan lagi. Ketika masuk lapangan harus langsung in dengan pola yang mau kita mainkan,” ucap Pitha.

“Walau main pertama kali, kita sudah banyak ikut pertandingan. Jadi tidak ada beban. Unggulan satu juga tidak membebani kita,” sahut Rinov.

Sebaliknya, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso memulai kejuaraan dengan mulus. Mereka menang telak atas pasangan Kamboja, Heng Mengleap/Phon Chenda, 21-4, 21-6.

Pelatih ganda campuran Nova Widianto membeberkan apa yang terjadi dengan Rinov/Pitha di laga perdana itu.

“Lawannya memang Filipina, tapi kita tahu mereka bagus, tidak mudah juga. Tapi memang di gim kedua Rinov/Pitha agak menurunkan tempo, mengubah pola. Ketika lawan mulai bangkit dan percaya diri, Rinov/Pitha malah jadi panik,” ungkap Nova.

“Saya sudah sering ingatkan, bermain ganda campuran fokusnya tidak boleh turun. Harus stabil dengan pola permainan dan iramanya. Kendur sedikit bisa bahaya. Tapi namanya pertandingan pertama wajar kalau belum lepas dan enak mainnya,” ucap Nova. (*)

Leave a Reply